1. Sejarah
menyimpan banyak peristiwa. Peristiwa-peristiwa sejarah menjadi bagian catatan
masa lalu yang dialami manusia. Karena begitu luas dan hampir tak terbatasnya
materi yang menjadi objek studi sejarah maka salah satu prinsip yang digunakan
dalam penyusunan sejarah ialah …."
a. seleksi
b. akomodasi
c. kategorisasi
d. kronologis
e. keberlanjutan
Bacalah kasus di bawah ini!
Setelah
bel berbunyi dan anak-anak masuk kelas, Bu Guru memperkenalkan seorang siswa
baru kepada mereka. Anak-anak saling berbisik, karena melihat temannya sangat
berbeda secara fisik dengan mereka yaitu kulit hitam, rambut kriting, dan ia
berasal dari suku yang berbeda.
2. "Pernyataan yang dapat menciptakan
kondisi yang kondusif dan harmonis dalam kelas adalah..."
a. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk berkenalan secara langsung setelah pelajaran
berakhir.
b. Memberi
contoh dan pemahaman kepada siswa tentang keberagaman bangsa Indonesia melalui
mata pelajaran PPKn.
c. Menanamkan
kepada siswa rasa cinta tanah air dan bangsa kepada semua siswa.
d. Mengenalkan
dengan jelas dan rinci identitas siswa baru tersebut kepada semua siswa.
e. Memberikan
penjelasan kepada siswa pentingnya berteman dengan siapa saja
3. "Pengertian
wawasan nusantara adalah ...."
a. cara pandang dalam membentuk identitas/ciri
kelompok atau bangsa dalam mewujudkan kehidupan masyarakat yang adil dan makmur
b. keutuhan
nusantara dalam pengertian cara pandang yang selalu utuh menyeluruh dalam
lingkup nusantara demi kepentingan nasional
c. cara
pandang bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa, dan wilayah NKRI yang
meliputi darat, laut, dan udara diatasnya sebagai satu kesatuan politik,
ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan
d. cara
pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, dengan
dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
e. cara
pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan tanah airnya sebagai negara
kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragama
4. "Contoh
pelaksanaan norma kesopanan pada masyarakat dan lingkungan adalah ...."
a. melaksanakan ibadah tepat waktu
b. tidak menyakiti hati orang lain
c. menggunakan tangan kanan saat menerima sesuatu
d. selalu berkata jujur dalam setiap tindakan
e. menggunakan helm saat berkendaraan
5. "Sebagai
Guru Kelas V SD, Pak Aris memberikan pembelajaran menyanyi/music dengan memilih
lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan Pak Arif tersebut karena
memperhatikan karakteristik peserta didik terutama dalam bidang…."
a. Kultural
b. status
social
c. etnik
d. gender
e. minat
6. "Segelas
susu dibiarkan diatas meja, keesokan harinya telah menjadi masam. Masamnya susu
tersebut termasuk sifat..."
a. Fisika karena berubah bau dan bentuk
b. Fisika karena berubah rasa dan bau
c. Kimia
karena terbentuk zat baru yang rasanya masam
d. Kimia karena tidak ada perubahan rasa
e. Kimia karena berubah ukuran
7. "Kelompok
pesawat sederhana yang sejenis dengan bidang miring ditunjukkan pada gambar
nomor…."
a. 1 dan 2
b. 4 dan 2
c. 3 dan 4
d. 4 dan 1
e. 2 dan 3
8. "Indonesia
dikenal dengan negara penghasil pertanian yang bagus, hasil pertanian diekspor
keluar negeri, tetapi di waktu lain Indonesia mengimpor makanan dan minuman
kaleng dari luar negeri untuk mencukupi konsumsi di Indonesia, hal ini
menunjukkan bahwa negara Indonesia melakukan perdagangan internasional dikarenakan
...."
a. perbedaan sumber daya alam yang terbatas
b. efisiensi
c. perbedaan teknologi
d. perbedaan sumber daya manusia yang terbatas
e. perbedaan selera
9. "Fokus
dari pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan adalah ...."
"
a.
responsibility
b. demokratis
c. moralitas
d. lawfull
e. respect
10.
Proses pencernaan yang terjadi di mulut berlangsung secara mekanik dan kimiawi dengan menggunakan enzim sebagai
katalisatornya. Zat yang diubah di dalam mulut dengan perantaraan enzim adalah…."
a.
Vitamin
b. Karbohidrat
c. Protein
d. Lemak
e. Mineral
11.
Tindakan guru untuk mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan
kurang aktif dalam belajar pada saat pembelajaran berlangsung merupakan
tindakan yang memperhatikan aspek …."
a.
Social
b.
Etnik
c.
Kultural
d.
Motivasi
e.
status
sosial
12.
"Organ organ pada sistem pencernaan makanan manusia dapat dibedakan
menjadi saluran pencernaan dan kelenjar
pencernaan. Berikut ini, organ yang merupakan saluran pencernaan sekaligus
sebagai kelenjar pencernaan adalah..."
a.
Lambung dan usus halus
b. Usus halus dan hati
c. Pancreas dan usus buntu
d. Pancreas da hati
e. Lambung dan hati
13.
"Pada gambar denah lapangan upacara diketahui panjang lapangan 15 cm
dan lebarnya 10 cm. Hitunglah luas
lapangan upaca yang sebenarnya, jika denah digambar dengan skala 1:400."
a.
6.000 m2
b. 240.000 m2
c. 2.400 m2
d. 600 m2
e. 60.000 m2
14.
"Pada KD “Menganalisis hubungan antarsudut sebagai akibat dari dua
garis sejajar yang dipotong oleh garis transversal”, materi dan tingkat
kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah …."
a.
hubungan
antarsudut dengan tingkat kognitif C3
b.
hubungan
antarsudut dengan tingkat kognitif C4
c.
hubungan
dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C3
d.
hubungan
dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4
e.
sudut-sudut
dan dua garis sejajar dengan tingkat kognitif C4
15.
"Negara Kesatuan Republik
Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri Nusantara dengan wilayah
yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang."
Pernyataan tersebut termaktub dalam ....
a.
UUD
Tahun 1945 Pasal 18
b.
GBHN
Tahun 1998
c.
UU No.43 Tahun 2008
d.
UU No. 17 Tahun 1997
e.
UUD
Tahun 1945 Pasal 25 A
16.
Bacalah teks di bawah ini!
"Aku sangat senang sekali membaca buku.
Terkadang karena keasyikan membaca, aku tidak mendengar teman yang berbicara
kepadaku. Oleh karena itu aku dijuluki "si kutu buku". Aku tidak
marah dijuluki seperti itu. Kata ibu kutu buku itu artinya orang yang sangat
gemar membaca buku."
"Perbaikan yang tepat pada kalimat pertama paragraf di atas
adalah…"
a. Kutu
buku adalah orang yang sangat gemar membaca buku.
b. Aku adalah orang yang sangat senang membaca.
c. Aku sangat senang membaca buku.
d. Saking asyiknya membaca aku sampai tidak
fokus.
e. Aku dijuluki dengan nama "si kutu
buku".
17.
"Rumusan indikator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis
hubungan antarkomponen ekosistem dan
jaring-jaring makanan di lingkungan sekitar” adalah …."
membandingkan
interaksi yang berlangsung dalam ekosistem
menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
kita
menganalis ekosistem di lingkungan tempat
peserta didik
menyebutkan pengertian tentang ekosistem dengan
jelas
menyebutkan komponen-komponen ekosistem dalam
kehidupan
18.
"Perhatikan data berikut ini!
Nilai rerata hasil ulangan Matematika pada tabel di bawah ini adalah …."
a. 71
b. 76
c. 72
d. 75
e. 73
19.
"Terdapat banyak teori tentang
proses pembentukan bumi. Proses pembentukan bumi menurut teori Big Bang adalah
..."
a.
Tidak berubah dalam ruang angkasa dan tidak berubah oleh waktu
b. Bersifat statis yang tak ada permulaan atau
akhir
c. Galaksi yang mengalami penggeseran spektrum
merah
d. Berasal dari massa sangat besar yang meledak
karena adanya reaksi inti
e. Impuls kecil yang mengembang dan mengkerut
seiring dengan lama waktu
20.
"Untuk meningkatkan kemampuan
peserta didik memecahkan masalah lingkungan, Ibu Kartika menggunakan model
pembelajaran project-based learning dengan menugaskan peserta didiknya membuat
karya dari sampah organik. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya peserta
didik berdasarkan kegunaan, nilai jual, dan keindahan. Teknik penilaian apakah
yang sebaiknya dilakukan?"
Penilaian
produk.
Penilaian praktik.
Observasi.
Portofolio.
Tes lisan.
21.
"Perjuangan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia diawali dengan
pembentukan BPUPKI. Salah satu tugas dari BPUPKI adalah menyiapkan dasar
negara. Ide perumusan dasar negara yang dilontarkan oleh Ir Soekarno pada
sidang BPUPKI pada tanggal 1 Juni 1945 adalah …. "
a.
persatuan, mufakat, keadilan, kekeluargaan, dan musyawarah
b. ketuhanan Yang Maha Esa, Kebangsaan,
internasionalisme dan peri kemanusiaan, mufakat dan demokrasi, dan
kesejahteraan social
c. peri kebangsaan, kemanusiaan, ketuhanan,
kerakyatan, kesejahteraan
d. ketuhanan, kemanusiaan, persatuan,
kerakyatan, dan keadilan social
e. kebangsaan, internasionalisme dan peri
kemanusiaan, mufakat dan demokrasi, kesejahteraan sosial, dan ketuhanan Yang
Maha Esa
22.
"Penerapan secara nyata tentang nilai, moral, dan norma serta
kaidah-kaidah masyarakat lainnya dalam kehidupan setidaknya memiliki dua alasan
pokok, bagi ."
a.
kepentingan stabilitas masyarakat sebagai warga negara terhadap negaranya dalam
menjalankan hak dan kewajibannya
b. kepentingan dirinya sendiri sebagai individu
dan kepentingan stabilitas kehidupan masyarakat
c. kepentingan negara dan kepentingan
pemerintahan negara
d. kepentingan tiap-tiap individu berdasarkan
kepentingannya dan kepentingan negara sebagai individu
e. kepentingan negara dan kepentingan keamanan
negara
23.
"Berdasarkan gambar di bawah, pernyataan di bawah ini yang benar
adalah…."
a. mobil bisa berubah bentuknya karena pohon yang ditabraknya terlalu keras
b. mobil bisa berubah bentuknya karena gaya yang
diberikan pada mobil melebihi kekuatan bahan mobil
c. mobil bisa berubah bentuknya karena kecepatan
gerak mobil terlalu tinggi
d. mobil bisa berubah bentuknya karena gaya yang
diberikan tidak benar
e. mobil bisa berubah bentuknya karena bahan pembuat
mobil tidak mempunyai kualitas tinggi
24.
"Selain menjadi pedoman untuk
berperilaku, Pancasila juga menjadi petunjuk untuk menyelesaikan masalah atau
konflik di Indonesia. Baik konflik budaya, sosial, ekonomi, ataupun politik.
Pernyataan di atas merupakan fungsi kedudukan Pancasila sebagai pandangan hidup
dalam ...."
a.
pembangunan karakter
b. petunjuk menyelesaikan masalah
c. pemersatu bangsa
d. sistem nilai
e. domain etika
25.
"Pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan: "Jika x bilangan
genap dan y bilangan ganjil, maka x + y bilangan ganjil" adalah …"
a. Jika
x + y bilangan genap, maka x bilangan genap atau y bilangan genap
b. Jika x bilangan ganjil dan y bilangan genap,
maka x + y bilangan genap
c. Jika x + y bilangan genap, maka x bilangan
ganjil dan y bilangan genap
d. Jika x bilangan ganjil atau y bilangan genap,
maka x + y bilangan genap
e. Jika x+ y bilangan genap, maka x bilangan
ganjil atau y bilangan genap
26.
"Dampak perkembangan IPTEK pada era globalisasi dalam bidang sosial
budaya dapat dirasakan oleh manusia. Dampak ini pun memiliki kecenderungan
terhadap hal positif dan negatif. Kecenderungan dampak yang dirasakan tersebut
itu bergantung pada perilaku manusia dalam memanfaatkan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Namun rendahnya latar belakang pendidikan pun
menjadi penentu terhadap perlakukan yang diberikan oleh manusia itu sendiri
terhadap IPTEK. Bagian yang tidak tergambarkan pada kondisi tersebut adalah
...."
a.
kemerosotan moral dalam masyarakat khusunya di kalangan remaja
b. kewibawaan tradisi-tradisi yang ada dalam
masyarakat semakin melemah
c. terimbanginya peran kaum laki-laki oleh kaum
perempuan secara signifikan dalam berbagai bidang kehidupan semakin besar
d. ketimpangan ekonomi yang semakin lebar di
dalam masyarakat
e. sebagian warga masyarakat menjadi kaya dalam
materi tetapi miskin dalam rohani
27.
"Menurut Bruner, apabila
seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan
visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan
atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari......"
a.
Konflik
b.
Ikonik
c.
Enaktif
d.
Simbolik
e.
intuitif
28.
"Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh
guru dalam praktik pembelajaran adalah...."
a.
memahami
tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai
dengan tahap tersebut
b.
memberikan
stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
c.
memberikan
penjelasan tentang pengetahuan baru dengan berbagai metode dan strategi belajar
yang menarik
d.
membimbing
peserta didik dalam memperoleh pengetahuan baru agar dapat menambah kemampuan
peserta didik
e.
memberikan
kegiatan yang merangsang keingintahuan peserta didik dan membantu mereka
mengekspresikan gagasannya
29.
"Teori yang menyatakan bahwa
peserta didik selama kegiatan belajar lebih ditekankan untuk aktif berpikir,
menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan
yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri
merupakan aliran dari teori ...."
a.
Behavioristic
b.
Kognitivistik
c.
Humanistic
d.
konstruktivistik
sibernetik
30.
"Bu Emma memiliki kepedulian
terhadap pengembangan potensi peserta didiknya. Pada saat menemukan peserta
didik yang prestasinya lebih rendah dari tingkat kecerdasannya
(underachievers). Salah satu upaya terbaik yang perlu dilakukan guru untuk
mengatasi kesulitan belajarnya adalah…."
a.
memberikan
penjelasan manfaat materi yang dipelajari di awal pembelajaran
b.
meningkatkan
minat dan motivasi belajar serta melatih keterampilan belajar
c.
disarankan
untuk berkonsultasi kepada konselor Pendidikan
d.
memberikan
tugas berupa latihan soal dan membuat rangkuman
e.
meminta
orang tua peserta didik agar memperhatikan anaknya
31.
Bacalah Puisi
di bawah ini!
Buat apa berkain batik
Kalau tidak berselendang
Buat apa berwajah cantik
Kalau tidak sembahyang
"Puisi tersebut tergolong genre puisi…."
a.
kontemporer
b. baru
c. reformasi
d. modern
e. lama
32.
"Sebuah prasati kuno dibuat pada tahun 1295 SM. Umur tugu batu tersebut pada tahun 2021
Masehi adalah ... tahun."
a. 3316
b. 3326
c. 736
d. 762
e. 726
33.
"Hasil identifikasi bekal ajar awal peserta didik memiliki fungsi
penting sebagai berikut, kecuali…."
a.
memilih
dan menentukan metode dan media pembelajaran sesuai karakteristik eserta didik
b.
memperoleh
informasi lengkap dan akurat tentang kemampuan awal peserta didik sebelum
mengikuti program pembelajaran
c.
menyeleksi
tuntutan, kemampuan serta kecendrungan peserta didik memilih program
pembelajaran selanjutnya
d.
menetapkan
peserta didik dalam kelompok unggul yang perlu diberi bea siswa atau penghargaan
lainnya
e.
menentukan
desain program pembelajaran sesuai kemampuan awal peserta didik.
34.
"Sebuah sikap untuk saling
menghargai, menghormati, membiarkan pendapat, pandangan, kepercayaan kepada
antar sesama manusia yang bertentangan dengan diri sendiri, disebut
sikap..."
a.
toleransi
b. simpati
c. empati
d. menghormati
e. peduli
Bacalah teks sastra
anak di bawah ini!
Di sebuah negeri di atas
awan, hiduplah seorang peri bernama Tokido. Tokido adalah seorang peri yang
ditugaskan oleh dewa untuk membangunkan matahari setiap pagi.
Suatu hari, Tokido lupa
menjalankan tugasnya. Akibatnya matahari pun terlambat bangun dan kegelapan
masih menyelimuti dunia. Melihat hal ini, sang Dewa menegur Tokido. Tokido yang
menyadari kesalahannya langsung bergegas menuju matahari dan membangunkannya.
Untung waktu masih belum lama berlalu sehingga dampak kesalahannya tidak
terlalu besar. Kejadian itu merupakan yang pertama dan terakhir kali Tokido
berbuat salah. Ia berjanji tak akan mengulangi kembali kesalahan tersebut atau
kesalahan lain.
35.
"Teks tersebut termasuk jenis sastra anak…."
a. Teks
Biografi
b. Cerita fantasi
c. Fiksi ilmu
d. Fiksi sejarah
e. Fiksi realistik
Bacalah kutipan cerita
di bawah ini!
36.
"Mengapa pagi ini waktu sangat kacau?" ucap induk gagak. Ia
lalu segera mencari anaknya. Namun, ia tidak menemukannya. Ia pun kembali ke
sarang. Cemas dan sedih menjadi satu./p>
"Kutipan cerita di atas termasuk ke dalam bagian …"
a.
komplikasi
b. evaluasi
c. resolusi
d. orientasi
e. amanat
37.
"Secara teoretis, hal-hal apa sajakah yang dapat membangun etos guru
sebagai komunikator dalam pembelajaran?"
a.
Daya
tarik dan kecerdasan.
b.
Kepercayaan
dan daya tarik.
c.
Emosi
dan intelektual.
d.
Daya
tarik intelektual.
e.
Kepercayaan
dan latar belakang budaya.
38.
"Menurut Gagne, pengalaman belajar yang diperoleh melalui analisis
suatu objek dengan memperhatikan ciri-ciri spesifik adalah...."
a.
Aplikatif
b.
Diskriminasi
c.
Sinyal
d.
Konsep
e.
asosiasi
verbal
Perhatikan pernyataan
berikut. Mudah beradaptasi dan mampu
mengelola kompleksitas
Keingintahuan, kreativitas, dan pengambilan
risiko
Berpikir tingkat tinggi dan alasan yang masuk
akal
39.
"Sebagai bagian dari keterampilan enGauge Abad ke-21, pernyataan
tersebut merupakan ciri-ciri dari ...."
a.
effective
communication
b.
efficiency
learning
c.
high
productivity
d.
digital
age literacy
e.
inventive
thinking
Perhatikan gambar
berikut!
40. "Yudit naik sepeda motor berangkat pukul 07.00 dari Yogyakarta menuju Purwoketo dengan kecepatan rata-rata 40km/jam. Tiga puluh menit kemudian kemudian Roni menyusul Yudit mengendarai sepeda motor dari kota yang sama dengan kecepatan 60 km/jam. Roni dapat menyusul Yudit pada pukul … ."
a.
08.24
b. 08.45
c. 08.40
d. 08.35
e. 08.30
41.
"Kegiatan pembelajaran mengelompokkan tumbuhan sesuai dengan cara
berkembangbiaknya, merupakan bagian dari proses berpikir dan dimensi
pengetahuan ...."
a.
prosedural
– menerapkan
b.
konseptual
– memahami
c.
faktual
– mengingat
d.
prosedural
– menganalisis
e.
konseptual
- menganalisis
Cermati kalimat dalam
paragraf berikut!
42.
"(1) Pernahkan Anda menghadapi situasi tertentu dengan perasaan
takut? (2) Bagaimana cara mengatasinya? (3) Rasa Takut adalah rasa ketika
seseorang merasakan bahwa dirinya sedang mengalami situasi atau suasana yang
menghilangkan rasa percaya diri mereka akan sesuatu. (4) Untuk itu, persiapakan
diri Anda sebaik-baiknya bila menghadapi situasi atau suasana tertentu. (5)
Dengan mempersiapkan diri saat menghadapi situasi atau suasana tertentu di mana
Anda akan merasa siap bahkan merasa bahwa Anda telah melewati situasi dan
suasana tersebut. (6) Pelajari sebaik-baiknya bila menghadapi situasi
tersebut."
Kalimat tidak efektif
terdapat dalam kalimat ke:...
a. (1)
b. (4)
c. (5)
d. (3)
e. (2)
43.
"Tekanan ke atas dari magma, gerak lempeng dan energi yang terkumpul
dapat menekan lapisan kulit bumi sehingga terjadi pergeseran kulit bumi
merupakan gejala…."
a.
eksogen
b. seisme
c. tektonisme
d. vulkanisme
e. endogen
44.
"Persamaan kuadrat yang akar-akarnya tiga kali dari akar persamaan
4x2 - 16 = 0 adalah …."
a. 12x2
- 48 = 0
b. x2- 12x - 36 = 0
c. 2x2 - 36 = 0
d. 4x2- 3x - 16 = 0
e. x2 - 36 = 0
Berikut faktor-faktor
produksi
1) Sumber Daya Alam
2) Sumber Daya Manusia
3) sumber Daya Sarana dan Prasarana
4) Sumber Daya Keahlian
5) Sumber Daya Modal
45.
"Yang merupakan faktor-faktor produksi adalah …"
a. 1),
2), 3) dan 4)
b. 1) dan 3)
c. 1), 2) dan 4)
d. 1), 2) dan 3)
e. 1), 2), 4) dan 5)
46.
"Dalam kaidah kebahasaan penulisan teks nonfiksi haruslah
menggunakan kalimat efektif. Diantara salah satu syarat yang harus dipenuhi
dalam kalimat efektif ialah kesepadanan."
"Di bawah ini manakah kalimat yang menunjukkan kesepadanan...."
a.
Usulan penelitian ini sudah lama diajukan, tetapi kepala proyek belum
menyetujuinya.
b. Kami sudah lama mengajukan usulan penelitian
ini, tetapi belum juga disetujui oleh kepala proyek.
c. Usulan penelitian ini sudah lama diajukan,
tetapi kepala proyek belum juga menyetujuinya.
d. Kami sudah lama mengajukan usulan penelitian
ini, tetapi kepala proyek belum menyetujuinya.
e. Hingga saat ini kepala proyek belum
menyetujui usulan penelitian yang diajukan, padahal sudah diajukan sebulan
lalu.
47.
"Soal yang tepat untuk indikator “Disajikan grafik tentang
kegemaran, peserta didik dapat menentukan banyaknya peserta didik yang memiliki
kegemaran” adalah …."
No comments:
Post a Comment