UP
kode Y
Soal
UP 2020 kode Y
1. Di wilayah Anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak
Tetap)yang terwadahi PGRI. Melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang
ke Jakarta mengusulkan ke pemerintah agar diangkat sebagai PNS. Jika Anda
adalah guru PNS yang telah menerima tunjangan profesi, apa yang akan Anda
lakukan?
a. Mendukung sepenuhnya
penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk berpartisipasi
dalam penggalangan dana
b.
Memberi nasehat kepada
teman guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai PNS karena
pengangkatan PNS ada aturannya
c. Menaruh simpati terhadap upaya
penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberikan kontribusi dalam bentuk
uang
d.
Berpartisipasi aktif
dalam penggelangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan mampu membayar
perwakilan GTT ke Jakarta
e.
Mengusulkan kepada
pengurus PGRI daerah agar membayar perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta
menyampaikan aspirasinya
2. Salah satu tugas guru piket adalah membuat surat
keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang
datang terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi
sanksi sesuai kesepakatan. Ketika Anda menjadi guru piket ada seorang guru dan
anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambat 30
menit. Sesuai aturan datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran
sebanyak 30 poin. Tiba-tiba teman Anda yang terlambat tersebut meminta kepada
Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran
karena alasan ban motor pecah. Apa yang Anda lakukan?
a.
Memenuhi permintaan
teman Anda karena alasannya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus tersebut
kepada kepala sekolah
b.
Tetap membuat surat
keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk anaknya dan
dilaporkan kepada kepala sekolah
c.
Tetap membuat surat
keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya meskipun
jumlah poin dikurangi
d.
Tetap membuat surat
keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya sesuai
aturan
e.
Tetap membuat surat
keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala
sekolah atas Kasus ini
3. Bayangkan suatu Ketika Anda sedang berjalan Bersama
dengan anak Anda. Tiba-tiba ada orang memaki Anda secara tidak sopan, padahal
Anda merasa tidak berbuat salah. Apa yang akan Anda lakukan?
a.
Membalas makian orang
itu agar anak melihat Anda bukan orang tua yang lemah dan mengajarkan
pertahanan diri
b.
Menarik orang itu
sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya membalas perlakuan
orang yang tidak benar
c.
Memberi pelajaran
orang itu dnegan membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaimana caranya
menjaga harga diri
d.
Mendiamkan orang itu
dan segera menyingkir dari tempat agar anak belajar bagaimana caranya
menghindari keributan
e.
Mengajak bicara
baik-baik dan tegas agar anak melihat bagaimana caranya berkomunikasi dalam kondisi sengketa
4. Salah satu kriteria bahan pembelajaran apresiasi SD kelas
rendah adalah keterbacaan dan kesesuaian. Yang dimaksud dengan kesesuaian adalah…
a.
Sesuai dengan
kurikulum yang berlaku
b.
Sesuai dengan kesiapan
guru
c.
Sesuai dengan kejiwaan
siswa, usia, dan lingkungan siswa
d.
Sesuai dengan tingkat
pengetahuan masing-masing siswa di kelas tersebut
e.
Sesuai dengan buku
siswa dan buku guru
Nb Krn segala sesuatu hrs sesuai dgn ukurannya, baik dr segi usia,
karakter dan kebutuhannya
5. Diberikan KD 3.3 “Membandingkan dua bilangan sampai dua
angka dengan menggunakan kumpulan benda-benda
konkrit. Tugas yang sesuai dengan KD di atas adalah…
a.
Menghitung banyak
antrian untuk mencuci tangan
b.
Merinci banyak
kegiatan saat makan
c.
Merinci tugas
masing-masing anggota keluarga
d.
Menghitung banyaknya
siswa kelas 5 dan 6 saat upacara hari Senin
e.
Menghitung banyak anak
yang tidak masuk dalam 2 hari
6. Pernyataan yang paling tepat untuk tahap simbolik dari
teori Bruner dalam pembelajaran IPA tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya:
a. Siswa melakukan
diskusi kelompok untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik dalam suatu
ekosistem (NB: kalau interaksi berarti Bu harus
identifikasi dl baru mengambil kesimpulan di tambah lagi di situ jelas
tercantum abiotik d biotik)
b.
Siswa melakukan pengamatan
di lingkungan sekitar sekolah
c.
Siswa Siswa berdiskusi
tentang gejala-gejala biotik dalam suatu ekosistem
d. Siswa mengomunikasikan
kesimpulan bahwa hewan dan tumbuhan sangat bergantung pada tumbuhan
7. Apabila kemampuan yang diharapkan oleh guru IPS SD adalah
siswa dapat menguasi dan memberikan
pendapat tentang hakikat permasalahan sosial di lingkungan sekitar, maka
jenis tes yang tepat diberikan oleh seorang guru IPS SD adalah…
a.
Uji Kinerja
b. Uraian
c.
Menjodohkan
d.
Objektif Pilihan ganda
e.
Benar Salah
8. Amir adalah seorang siswa berprestasi dalam pembelajaran
IPS sehingga mendapat penghargaan/hadiah. Dampaknya Amir lebih rajin dan lebih
bersemangat belajar. Gurunya mengutamakan PAIKEM, materi pelajaran disajikan
dalam bentuk unit-unit kecil agar siswa hanya perlu memberikan suatu respon
tertentu saja, respon yang ada diberi umpan balik agar siswa segera tahu
hasilnya. Pembelajaran yang dilakukan guru tersebut dilandasi oleh teori belajar....
a. Humanisme
b.
Behavioristik (stimulus n respon)
c.
Konstruktivistik
(membangun)
d.
Gestal
9. Kompetensi dasar (KD) pada tema pembelajaran Indahnya
keberagaman yaitu memahami arti bersatu dalam keberagaman di
rumah, sekolah dan masyarakat (C2). Guru ingin meningkatkan pencapaian
kompetensi siswa dari C2 (memahami) ke C6 (mencipta) maka rumusan indikatornya yaitu....
a.
Menuliskan arti
pentingnya bersatu dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
b.
Mendiskusikan bersatu
dalam keberagaman di rumah, sekolah dan masyarakat
c.
Mempraktikkan salah
satu tarian dan menyanyikan lagu daerah
d.
Mengelompokkan gambar
pakaian, tari daerah dan makanan tradisonal daerah
e.
Menampilkan hasil
kreasi tari dari salah satu suku daerah
10. Pak Budi menyusun indikator pencapai kompetensi
“menjelaskan perambatan bunyi”, indikator tersebut masih perlu dirumuskan lebih
spesifik menjadi tujuan pembelajaran maka pernyataan yang tepat untuk rumusan
tersebut adalah….
a.
Setelah melakukan
percobaan, siswa dapat menjelaskan perambatan sumber bunyi dengan benar.
b.
Setelah melakukan
percobaan, siswa dapat membandingkan hasil hasil perambatan bunyi melalui benda
padat, cair dan gas.
c.
Setelah membaca
instruksi, siswa mampu mempraktikkan langkah-langkah percobaan perambatan bunyi.
d.
siswa dapat
membandingkan hasil hasil perambatan bunyi melalui benda padat, cair dan gas
dengan benar.
e.
siswa dapat
menjelaskan perambatan sumber bunyi dengan benar.
11. Dalam rencana pembelajaran (RPP) yang disusun guru,
tujuan pembelajaran dimaksudkan untuk memahamkan konsep dengan mengajak
berdiskusi dan memperlihatkan gambar letak
wilayah Indonesia. Materi yang tepat untuk kegiatan pembelajaran tersebut adalah….
a. Perbandingan luas wilayah
Indonesia dengan luas wilayah Negara sekitar
b. Letak astronomis
Indonesia
c.
Letak Indonesia di
antara wilayah-wilayah sekitar
d.
Menggambar letak
wilayah Indonesia
e.
Hubungan wilayah Indonesia
dengan wilayah negara sekitar
12. Siswa melakukan kegiatan dengan berpedoman pada
langkah-langkah yang telah ditetapkan guru, yaitu pembuktian luas permukaan bola, kemudian diminta untuk menyimpulkan
dan mempresentasikan di kelas. Strategi pembelajaran yang tepat yaitu….
a.
Kooperatif (umum untuk sekumpulan strategi pengajaran yang
dirancang untuk mendidik kerja sama kelompok dan interaksi antarsiswa)
b.
Inquiri
c.
Problem Solving
d.
Discovery (sebuah proses penemuan data
yang akan menjadi awal dari semua kebutuhan tersebut)
e.
Kontekstual
13. Jika guru ingin mengajarkan konsep yang menunjukan proses
perhitungan dan cara perolehan debit air maka penggunaan media yang paling
tepat adalah….
a. Media grafis (media visual yang menyajikan fakta ide dan gagasan melalaui kata-kata,
kalimat, angka-angka, dan bebbagai simbol atau gamba)
b.
Modul pembelajaran
c.
Media CD audio
d. Media video pembelajaran
e.
Media gambar berseri
14. Ketika menyusun evaluasi pembelajaran yang dituangkan di
RPP, seorang guru menuliskan beberapa jenis evaluasi pembelajaran. Salah satu
jenis evaluasi yang akan digunakan oleh guru adalah jenis evaluasi formatif.
Evaluasi formatif ini dimaksudkan untuk….
a.
Menentukan hasil dan
kemajuan belajar siswa.
b.
Memperbaiki dan
meningkatan proses belajar dan mengajar
c.
Menempatkan siswa
dalam program pendidikan tertentu yang sesuai dengan karakteristik siswa
d.
Memilih siswa yang
paling tepat sesuai dengan kriteria program kegiatan tertentu
e.
Menelaah
kelemahan-kelemahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya
15. Pada silabus terdapat materi tentang (1) teori-teori
masuk dan berkembangnya Hindu-Budha di Indonesia, (2) Kerajaan-kerajaan
Hindu-Budha, (3) Bukti-bukti Kehidupan pengaruh Hindu-Budha. Kegiatan pembelajaran yang akan dirancang oleh guru menggunakan pendekatan
scientific. Berikut ini yang merupakan contoh kegiatan menalar adalah….
a.
Membuat ringkasan dari
hasil pengamatan outing di candi Borobudur
b.
Berdiskusi untuk
mendapatkan klarifikasi tentang kehidupan masyarakat Indonesia pada zaman Hindu-Budha.
c.
Mengumpulkan informasi
terkait dengan pertanyaan tentang Indonesia pada zaman Hindu-Budha melalui
bacaan, internet, pengamatan terhadap sumber-sumber sejarah yang ada di museum
dan atau peninggalan-peninggalan yang ada di lingkungan terdekat
d.
Menganalisis informasi
dan data-data yang didapat baik dari bacaan maupun dari sumber-sumber terkait
untuk mendapatkan kesimpulan tentang Indonesia pada zaman Hindu-Budha.
e.
Hasil analisis
kemudian dilaporkan dalam bentuk tertulis tentang Indonesia pada zaman Hindu-Budha.
16. Indikator yang tertulis pada RPP adalah “mengidentifikasi
berbagai bentuk keragaman sosial budaya”. Pertanyaan yang tepat diajukan oleh
guru untuk mencapai indikator tersebut adalah….
a.
Ceritakan pengalamanmu
tentang pengalamanmu terkait dengan keberagaman sosial di masyarakat!
b.
Tuliskan hasil
wawacaramu tentang macam-macam pekerjaan dalam bentuk mind maping!
c.
Tuliskan macam-macam
pekerjaan tetangga di lingkungan tempat tinggalmu?
d.
Bagaimana sikap kita
terhadap perbedaan keberagaman di masyarakat?
e.
Apa yang kamu ketahui
tentang keberagaman sosial?
17. Peserta didik diminta oleh guru untuk membaca artikel
tentang populasi hewan langka yang semakin sedikit, kemudian mencari data
jumlah populasi 5 tahun terakhir dan hasil analisis divisualisasikan dalam
bentuk diagram. Kegiatan tersebut untuk mengembangkan kecerdasan….
a.
Naturalis
b.
Kinestetis
c.
Visual spasial
d.
Verbal linguistic
e. Logic matematik
Nb:
Naturalis =lingkungan alam
Kinestis=pandai nari, olah raga dan sejenisnya
Visual spasial=gambar dan video
Verbal linguistik =berpidato alias cerita
Logic matematic=pandai hitung menghitung
18. Peserta didik diminta oleh guru untuk mengamati perilaku
moral yang ada disekitar sekolah tanpa memberikan instrumennya, hasil laporan
dari peserta didik menjadi bahan diskusi di kelas. Strategi pembelajaran yang
digunakan guru adalah….
a. Discovery (penemuan yg tidak lengkap.)
b.
Eksperimen
c.
Heuristik (Heuristik adalah seni dan ilmu pengetahuan
yang berhubungan dengan suatu penemuan. Kata ini berasal dari akar yang sama
dalam bahasa Yunani dengan kata "eureka", berarti 'untuk menemukan'.
Heuristik yang berkaitan dengan pemecahan masalah adalah cara menujukan
pemikiran seseorang dalam melakukan proses pemecahan sampai masalah tersebut
berhasil dipecahkan. Ini berbeda dari algoritme di mana hanya digunakan sebagai
peraturan atau garis pedoman, bertentangan dengan prosedur invarian.)
d. Inkuiri (lengkap dan runtut.)
e.
Ekspositori
19. Dalam menyusun evaluasi pembelajaran seorang guru harus
mengembanagkan penialian untuk mengukur aspek pengetahuan, sikap dan
keterampilan. Jika seorang guru ingin mengembangkan penilaian untuk mengukur
aspek sikap siswa pada proses
pembelajaran maka jenis penilaian yang tepat yaitu….
a.
Penilaian Proyek
b.
Penilaian Kinerja
c.
Penilaian Portopolio
d.
Penilaian Tertulis
e. Penilaian Diri
Nb Opsi A,B dan C untuk ketrampilan
Opsi D buat
pengetahuan
Opsi E untuk sikap.
20. Disajikan teks kasus keterbelakangan pendidikan di suatu
daerah di Indonesia, tujuan pembelajarannya yaitu agar siswa dapat memprediksi
alternatif tindakan yang dapat digunakan sebagai solusi sesuai makna Kebangkitan
Nasional 1908, mendasarkan pada contoh teks kasus yang disajikan maka pilihan
penilaian yang tetap digunakan oleh guru adalah….
a.
Pilihan Ganda
b. Uraian
c.
Skala Penilaian ( ranting scale )
d.
Benar Salah
e.
Tes Lisan
21. Salah satu rumusan indikator ketercapaian tujuan
pembelajaran adalah dengan disajikan informasi yang mengandung beberapa
kemungkinan kesimpulan. Peserta didik diminta untuk menentukan kesimpulan yang
paling tepat disertai alasannya dengan mengamati grafik berisi data tingkat
kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Bentuk penilaian otentik-holistik yang
cocok diterapkan adalah….
a.
Tes kemampuan verbal
b.
Tes kemampuan memahami
data dalam grafik
c.
Tes kemampuan membaca
informasi
d.
Tes lisan mengungkap
proses penarikan kesimpulan
e.
Tes penilaian unjuk
kerja dan portofolio
22. Perkembangan
Kognitif merupakan salah satu aspek yg sangat penting dalam perkembangan
perserta didik. Faktor utama yang mempengaruhi perkembangan Kognitif
adalah….
a.
Inspirasi
b.
Budaya
c.
Motivasi
d. Pengasuhan dan Lingkungan
NB: Perkembangan kognitif yang
terjadi pada manusia sepanjang hidupnya dipengaruhi oleh beberapa faktor yang
mendukung antara lain faktor keturunan, faktor lingkungan, kematangan,
pembentukan, minat dan bakat, serta faktor kebebasan.
23. Pernyataan
berikut yg menjelaskan makna kognitif
adalah …
a.
Kemampuan berkomunikasi
b. Kemampuan memecahkan masalah
c.
Kemampuan berinteraksi
d.
Kemampuan berintegrasikan diri
Nb : Secara umum kognitif diartikan potensi intelektual yang terdiri
dari tahapan : pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehention), penerapan
(aplication), analisa (analysis), sintesa (sinthesis), evaluasi (evaluation).
Kognitif berarti persoalan yang menyangkut kemampuan untuk mengembangkan
kemampuan rasional (akal).
Teori kognitif lebih menekankan bagaimana proses atau upaya untuk
mengoptimalkan kemampuan aspek rasional yang dimiliki oleh orang lain.
24. Sebuah
limas segi empat berukuran panjang alas persegi 120 cm dan tinggi limas 100 cm.
sebuah prisma segi tiga memiliki ukuran alas segitiga 120 cm, tinggi segitiga
120 cm dan panjang tenda prisma 100 cm, berikut pernyatan yg benar adalah…..
a.
Volume limas lebih besar dibanding dengan
volume prisma
b.
Volume tiga bangun ruang limas lebih besar
dibanding dengan volume empat bangun ruang prisma
c.
Jika diisi bangun ruang limas terisi lebih
banyak dibanding prisma
d. Tiga Volume bangun ruang limas sebanding
dengan dua volume bangun ruang prisma
e.
Walaupun terlihat kecil sebenarnya bangun
ruang limas membutuhkan penempatan ruangan yang lebuh luas
25. Rumus
menentukan jumlah bilangan asli yang pertama adalah…
a.
n + 1
b.
(n + 2)/2
c. n (n +1)/2
d.
n (n + 2)/2
e.
(n + 1)/2
26. Sebuah
bilangan X adalah pecahan a/b. Jika a +
3 maka menghasilkan bilangan 2/3. Jika b + 1 maka menghasilkan bilangan ½.
Berapakah bilangan X tersebut…
a. 11/21
b.
20/23
c.
14/15
d.
17/20
e.
22/25
27. Ada
kapal bermuatan 50 orang. Setelah 60 Km mengalami kebocoran dengan kecepatan 2
ton/5 menit. Kapal akan tenggelam jika air masuk sebanyak 72 ton. Di Kapal
terdapat pompa air yang berfungsi mengeluarkan air 12 ton/jam. Berapa kecepatan
minimal kapal agar setidaknya tenggelam saat sampai di pelabuhan dan penumpang
bisa diselamatkan…
a.
25 Km/jam
b.
20 km/jam
c.
15 Km/jam
d.
12 Km/jam
e. 10 Km/jam
28. 1. Menggunakan perhitungan revolusi bulan
2. Menggunakan perhitungan revolusi Bumi
3. Jumlah hari dikalender ada 365 hari
4. .
jumlah hari dikalender ada 354 hari
Pernyataan yang benar mengenai kalender masehi yaitu :..
a.
1 dan 3
b. 2 dan 3
c.
1 dan 4
d.
2 dan 4
29. Tulang Gladious terletak
di dada adalah bagian tulang untuk …..
a.
Menggabungkan tulang rusuk kesatu dan kedua
b.
Memisahkan tulang rusuk ketiga dan ketujuh
c.
Tempat melekatnya tulang rusuk kesatu dan kedua dibagian atas rongga dada
d.
Tempat melekatnya tulang rusuk kedelapan sampai kesepuluh dibagian bawah rongga
dada
e. Tempat melekatnya tulang rusuk ketiga dan
ketujuh
30. Adi
menimba air dengan katrol dan Beti menimba air dengan seutas tali secara
langsung. Pernyataan berikut yang benar adalah…
a.
Saat menarik keatas arahnya sesuai dengan gaya
gravitasi
b.
Menarik kebawah lebuh sulit dari pada menarik
keatas
c.
Keuntungan mekanik Adi lebih kecil dibanding
Beti
d. Keuntungan mekanik Adi lebih besar
dibanding Beti
e.
Gaya kuasa yang dilakukan Adi untuk
mengangkat beban itu sama besar dengan yang dilakukan Beti
31. 1. Protein
2. vitamin
3. calsium
4. glukosa
5. asam amino
Yang sudah mengalami pencernaan secara
kimiawi yaitu ….
a.
1,2,3
b.
1,2,4
c. 3,4,5
d.
2,3,4
e.
2,4,5
32. Pada proses inspirasi
pernafasan perut berikut hal yang benar adalah
a. Terjadi kontraksi pada
diafragma sehingga diafragma menjadi datar.
b. Rongga dada membesar sehingga
tekanan rongga dada menjadi lebih besar dibanding tekanan udara luar.
c. Tekanan pada rongga dada
menjadi lebih kecil dibanding tekanan
udara luar sehingga udara keluar dari
dalam paru-paru.
d. Diafragma mengalami relaksasi
sehingga menggendur
e. Diafragma mengalami relaksasi
sehingga rongga dada mengecil
33. Anak yang nilainya kurang
tuntas saat ulangan. Apa yang kita lakukan..
a. Melakukan remidi selama satu semester sampai
tuntas
b.
Melakukan remidi sampai kenaikan
c.
Melakukan 2 kali remidi saja
34. Usaha pasca erupsi merapi
banyak kerikil, pasir batuan. Usaha yang cocok adalah…
a.
Ekstraktif
b.
Pertambangan
c.
Perindustrian
d.
Agraris
e.
Perdagangan
35. Falah bersepeda dari kota A
kearah utara, dengan kecepatan 30 km/jam selama 2 jam kemudian dia berbelok
kearah timur dengan kecepatan 20 km/jam selama 1,5 jam. Setealh beristirahat
selama ½ jam ia melanjutkan perjalanan kearah selatan selama 2 jam dengan
kecepatan 10 km/jam dan tiba di kota B. berapakah jarak kota A ke Kota B…
a. 50 Km
b.
55 Km
c.
80 Km
d.
110 Km
e.
120 Km
36. Diketahui total barang yang
dijual pedagang baju adalah 302, jika baju yang dijual dibentuk dalam diagram
lingkaran. Berapa baju anak yang dijual pedagang baju tersebut…
a.
214 baju
b.
243 baju
c. 66 baju
d.
99 baju
37. Budi ingin membuat persegi
bebentuk potongan bangun persegi. Budi ingin membentuk persegi dengan
menggabungkan bangun-bangun seperti pada gambar dengan tanpa bertumpuk, banyak
bangun yang diperlukan…
a.
18 Bangun
b.
16 Bangun
c. 12 Bangun
d.
10 Bangun
e.
8 Bangun
38. Pak
Rahmad akan menjelaskan pembagian
bilangan ,ia terlebih dulu mengajarkan pengurangan bilangan, teori belajar
diterapkan adalah….
a. Figotfi
b.
Peaget
c.
Deaenes
d.
Brorwnell
39. Kemampuan
untuk menciptakan , memiliki, daya cipta atau mampu menciptakan sesuatu yang
baru baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang yang
telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika
menyampaikan ilmu kepada siswa . model yang sesuai dengan sikap kreatif
memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS SD adalah ..
a.
Problem based learning
b. Contextual teaching learning
c.
Projek based learning
d.
Open inquiri
e.
Cooperative learning
40. Melestarikan
lingkungan hidup menjadi tanggung jawab semua komponen yang berada di sekolah
tersebut. Salah satu contoh penerapan
penggunaan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS di sekolah adalah
…
a. Membuat tanaman hidroponik
b.
Mencegah kerusakan lingkungan
c.
Menghemat penggunaan listrik
d.
Meningkatkan potensial kebersihan kelas
e.
Mengendalikan pencemaran lingkungan
41. Bapak
sutrisno adalah guru ips sd dan akan mengajarkan materi masalah sosial di
lingkungan sekitar. Bapak sutrisno menggunakan media gambar yang menunjukan
berbagai masalah sosial dilingkungan sekitar seperti kemiskinan , rumah kumuh
dan banjir. Melalui penggunaan media pembelajaran tersebut bapak sutrisno mengharapkan siswa tergerak dan tersentuh untuk membantu menyumbangkan
apa saja yang tidak terpakai dan masih layak untuk disumbangkan. Melihat urutan diatas bapak
sutrisno memilih media gambar dengan tujuan …
a. Membentuk karakter sikap dan nilai siswa
b.
Membangkitkan motivasi dan gairah belajar
siswa
c.
Tujuan pembelajaran agar mudah tercapai
secara baik
d.
Membantu meningkatkan pemahaman siswa melalui
media
e.
Pembelajaran menjadi menyenangkan dan
terfokus
42. Seorang
guru ingin mengetahui kemampuan dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat
ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek
(ceck list) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai
teman kelompoknya. Jenis penilaian otentik bowlistik (Penilaian harus
menggunakan berbagai ukuran, metoda dan kriteria yang sesuai dengan
karakteristik dan esensi pengalaman belajar, Penilaian harus
bersifat holistik yang mencakup semua aspek dari tujuan
pembelajaran (sikap, keterampilan, dan pengetahuan). yang
dapat dipilih oleh guru tersebut adalah….
a. Penilaian kinerja
b.
Penilaian proyek
c.
Portopolio
d.
Pertanyaan terbuka
e.
Penilaian diri
43. Dony
menemukan pensil, lalu keesokan harinya Beni menyampaikan bahwa pensilnya
hilang…Dony memberikan pensil yang diketemukannya namun teman-temannya mengira
Dony yang mengabil pensil Beni. Dony mengabaikan perkataan teman-temannya.
Sikap Dony menunjukan.
a.
Jujur
b. Pemaaf
c.
Tidak jujur
d.
Pemarah
44. Yang
merupakan dampak negatif
dari bidang ekonomi adalah …
a. Terjadinya pengangguran
b.
Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi
c.
Terjadinya industrialisasi
d.
Produktivitas dunia semakin meningkat
45. Berikut
ini yang bukan merupakan dampak negative berkembangnya era globalisasi adalah
..
a.
Terjadinya kesenjangan ekonomi antara Negara
kaya dan Negara miskin
b.
Nagara yang kuat ekonominya akan bersekongkol
untuk mengeruk keuntungan sebesar besarnya dari negara yang lemah
c.
Semakin menurunnya sumber daya alam yang vital
d.
Timbulnya fanatisme rasial etnis dan agama
e. Tercapainya kemakmuran yang merata
46. Berikut
ini adalah tantangan yang dihadapi dalam era globalisasi abad ke 21 dalam
bidang sosial budaya kecuali …
a.
Sikap individualisme
b.
Terjadinya keseragaman budaya
c. Adanya perubahan dalam pola kerja
d.
Imprealisme budaya
e.
Keterbukaan yang lebih tinggi
47. Waktu
pelajaran b.heni mengingatkan siswa
untuk membersihkan kelas, namun setelah praktek masih banyak siswa yang
meninggalkan karton, kertas berserakan. Budi yang duduk paling akhir mengutip
semua itu. Berarti bu heni sudah menerapkan nilai …
a.
Rajin
b. Tanggung jawab
c.
disiplin
d.
Percaya diri
48. Pak
dita mengajar dikelas V A SD cinta kami, ketika pelajaran berlangsung siswanya
sangat aktif. Suasana kelas selalu gaduh. Suara pak dita tidak dapat
mangalahkan kegaduhan kelas. Akhirnya pak dita berinisiatif untuk menerapkan
suatu model pembelajaran IPA yang dapat mendorong siswa untuk focus pada suatu
kegiatan yang mengasikkan. Model inquiri terbimbing dipilih untuk mengatasi
kondisi tersebut, sekaligus melakukan penelitian tindakan kelas (PTK) Hipotesis yang cocok untuk PTK pak dika
adalah …
a.
Siswa kelas V A mampu melakukan kegiatan praktikum
b.
Siswa kelas VA aktif mengemukakan pendapat
c.
PTK inquiri terbimbing dapat diselesaikan
sebanyak 2 siklus
d.
Langkah PTK inquiri terbimbing terdiri atas 4
tahap
e. Inquiri terbimbing dapat meningkatkan
konsentrasi siswa
49. Susunan
kata saya tidak bias diubah menjadi ayas atau asay Hal itu membuktikan bahasa …
a.
Bahasa itu sistematis
b.
Bahasa itu produktif
c.
Bahasa itu lambing
d. Bahasa itu bermakna
e.
Bahasa itu manusiawi
50. Perhatikan
pernyataan dibawah ini
1. Refleksi
(analisis dan interprestasi)
2.
Penetapan focus permasalahan
3. Perencanaan
tindak lanjut
4. Perencanaan
tindakan perbaikan
5. Pelaksanaan
tindakan
6. Pengumpulan
data (pengamatan / observasi)
Langkah
langkah penelitian tindakan menurut Kurt lewin ialah …
a. 2,4,5,6,1,3
b.
4,5,6,2,1,3
c. 3,2,1,4,6,5
d. 1,3,4,6,5,2
e. 1,4,2,3,5,6
51. Kerasnya
pengaruh nilai – nilai budaya global sejalan dengan proses modernisasi
masyarakat tentu saja minimbulkan masalah masalah sosial. Adapun masalah sosial
yang timbul sebagai dampak negatip globalisasi antara lain kecuali …
a. Meningkatkan
arus urbanisasi
b.
Masuknya
budaya asing menambah khasanah budaya nasoinal
c. Semakin
tajamnya kesenjangan sosial
d. Terjadinya
perubahan struktur sosial dalam masyarakat
52. Sikap
yang perlu dikembangkan dalam menghadapi pengaruh budaya asing yaitu …
a.
Menerima
secara selektif
b. Melarang
keluarga menonton tv
c. Menutup
diri dari pengaruh budaya asing
d. Menjauhkan
diri dari perkembangan iptek
53. Segala tingkah laku dan
perbuatan bangsa Indonesia menjadi cirri khas bangsa Indonesia. Pernyataan
tersebut merupakan fungsi pancasila sebagai …
a. Jiwa
bangsa Indonesia
b.
Kepribadian
bangsa Indonesia
c. Janji
luhur bangsa Indonesia
d. Cita
cita bangsa Indonesia
54. Dalam
hal menyaring budaya asing maka
kedudukan pancasila berfungsi sebagai …
a. Perjanjian
luhur bangsa
b. Etika
hidup bangsa
c. Filsafat
hidup bangsa
d.
Jiwa
dan kepribadian bangsa
55. Jelaskan kedudukan
dan fungsi pancasila sebagai dasar Negara!
a. Sebagai
pandangan hidup sebuah bangsa
b. Kesatuan
yang tidak terpisahkan
c.
Pedoman
hidup
d. Semua
benar
56. Pancasila
sebagai landasan dalam menjalankan
pemerintahan Negara berarti pancasila berfungsi sebagai …
a. Ideologi
Negara
b. Pandangan
hidup bangsa
c. Kepribadian
bangsa
d.
Dasar
Negara
57. Adanya
rasa tanggung jawab, sikap responsif dan inovatif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
merupakan bentuk pelaksanaan dari fungsi
guru sebagai ..
a.
Memelihara
komitmen secara
professional untuk meningkatkan mutu pendidikan
b. Menjunjung
tinggi peraturan perundang undangan,hukum dan kode etik guru, serta nilai nilai
agama dan etika
c. Menciptakan
suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif, dinamis dan dialogis
d. Memelihara
dan memupuk persatuan dan kesatuan bangsa
e. Memberi
teladan dan menjaga nama baik, profesi dan kedudukan sesuai kepercayaan yang diberikan
kepadanya.
58. Pernyataan
yang tidak tepat berkaitan dengan penelitian sikap adalah …
a.
Hasil
observasi oleh pendidik selama satu semester selama proses pembelajaran dan di
luar proses pembelajaran merupakan sumber informasi utama sedangkan penelitian
diri dan penilaian antar teman merupakan informasi peninjang
b. Hasil
penilaian pencapaian sikap oleh pendidik disampaikan dalam bentuk predikat,
sedangkan hasil penilaian oleh satuan pendidikan disampaikan dilaporkan dalam
bentuk predikat dan/atau deskripsi
c. Catatan
hal hal positif dan menonjol dalam jurnal digunakan untuk menguatkan perilaku
positif sedangkan catatan perilaku negative digunakan untuk pembinaan
berdasarkan catatan tersebut pendidikan membuat deskripsi sikap peserta didik
selama satu semester
d. Langkah
langkah yang dapat dilakukan pendidik dalam pelaksanaan penilaian sikap antara
lain mengamati peserta didik, mendokumentasi perilaku peserta didik,
menindaklanjuti hasil pengamatan
59. tugas
disekolah, dirumah dan dilingkungan sosial silih berganti. Satu tugas belum
selesai dikerjakan tugas berikutnya sudah menunggu. Dalam situasi seperti itu,
bagaimana reaksi anda?
a. lebih
baik saya tinggalkan sama sekali situasi itu, karena guru bekerja seperti robot
b. saya
ingin mengerjakan seluruh tugas, meskipun biasanya justru menjadi berantakan
semua
c. saya
bekerja satu persatu itu lebih baik daripad tugas kita tidak ditangani sama
sekali atau meninggalkan tugas
d. hal
yang penting adalah semua tugas terselesaikannya karena soal tuntas atau tidaknya
pekerjaan tergantung pada situasi
e. saya bekerja dengan cepat , semua tugas
terselesaikan sepenuhnya dengan tuntas sesuai rencana dan waktunya
60. pembelajaran
bahasa Indonesia memegang peranan yaitu strategi dalam pembelajaran di sd.
Pernyataan yang tidak mendukung pendapat tersebut adalah...
a. pembelajaran bahasa Indonesia sebagai
penghela dalam pembelajaran di sd
b. pembelajaran
bahasa Indonesia merupakan wahana yang efektif mengembangkan nilai karakter
pada siswa
c. pembelajaran
bahasa Indonesia di sd menekankan pada pemberian pengetahuan tentang bahasa
pada siswa
d. pembelajaran
bahasa Indonesia berperan dalam meningkatkan penguasaan siswa terhadap mata
pelajaran lain
e. pembelajaran
bahasa Indonesia berperan dalam meningkatkan prestasi siswa
61. menurut
saya gambaran ideal seorang guru adalah ..
a. memahami
pentingnya perencanaan kerja dan bertanggung jawab dalam pencapaian tujuan
sekolah lebih terarah dan terukur kinerjanya
b. memahami
pentingnya pelaksanaan kerja dan perwujudan tanggung jawab agar tujuan sekolah
lebih terarah dan terukur kinerjanya
c. melaksanakan
tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru agar tujuan sekolah lebih terarah dan
terukur kinerjanya
d. melaksanakan
tugas tugas sesuai aturan yang berlaku, deskripsi pekerjaan dan tanggung
jawabnya agar tujuan sekolah lebih baik dan terukurkinerjanya
e.
melaksanakan
tugas secara mandiri maupun kolaborasi sesuai aturan yang berlaku, deskripsi
pekerjaan dan tanggung jawabnya agar tujuan sekolah lebih terarah dan terukur
kinerjanya
62. perhatikan
sintak berikut ini
a.
stimulus (1)
b.
pengolahan data (4)
c.
kesimpulan (6)
d.
identifikasi masalah (2)
e.
pengumpulan data (3)
f.
pembuktian (5)
sintak
model discovery learning yang benar adalah...
a. A-
b- c- d-e-f
b. C-d-e-f-a-b
c. A-d-e-b-f-c
d. A-d-c-f-b-e
e. F-e-a-c-d-b
63. saya
adalah orang yang menjunjung tinggi apa yang telah menjadi prinsip yang saya
katakan. Seandainya saya menerima sebuah tugas yang tidak sesuai dengan prinsip
saya. Hal yang saya lakukan adalah ...
a. menyalurkan
pikiran dan perasaan negative pada sasaran lain
b. memendam perasaan negative yang muncul agar
tidak mengganggu pelaksanaan tugas
c. mengalihkan
perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaat
d. mengungkapkan
pikiran dan perasaan pada orang terdekat yang ada dilingkungan kerja
e. menggungkapkan
dan mendiskusikan pikiran dan perasaan itu dengan pimpinan
64. apabila
kemampuan yang diharapkan oleh guru IPS SD adalah siswa dapat menguasai dan
memberikan pendapat tentang hakikat permasalahan sosial dilingkungan sekitar,
maka jenis tes yang tepat diberikan oleh seorang guru IPS SD adalah …
a. uji kinerja
b.
uraian
c. menjodohkan
d. objektif
pilihan ganda
e. benar
salah
65. adanya
integrasi sosial berdasarkan pada nilai dan norma yang disepakati bersama dan
member tuntutan bagaimana individu berperilaku. Berikut factor yang
mempengaruhi intergrasi sosial adalah …
a. semangat
gotong royong yang semakin bergeser sebagai makhlik sosial
b. kebutuhan
telah terpenuhi dan adanya persamaan kebudayaan
c. adanya konsesus (kesepakatan)
nilai dalam masyarakat dan sikap terbuka pada perubahan
d. menurunkan
tantangan dari pihak luar dan persamaan visi, misi dan tujuan
e. bergesernya
nilai toleransi dan muncul sikap individualism
Integrasi sosial adalah proses penyesuaian
unsur-unsur yang saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga
menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi.
66. berikut
ini kegiatan pembelajaran matematika konsep trapesiun sama kaki, pernyataan
yang paling tepat untuk tahap visualisasi atau pengenalan adalah …
a. menyajikan
gambar trapezium sama kaki
b.
membawa
contoh bangun berbentuk trapezium sama kaki
c. mengukur
sudut trapezium menggunakan busur derajat
d. menghitung
luas trapezium sama kaki
67. pernyataan
yang paling tepat untuk tahap simbolik dari teori Bruner dalam pembelajaran IPA
tentang interaksi makhluk hidup dan lingkungannya
a.
siswa
melakukan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi komponen abiotik dan biotik dalam suatu ekosistem
b. siswa
melakukan pengamatan di lingkungan sekitar sekolah
c. siswa
berdiskusi tentang gejala gejala biotic dalam suatu ekosistem
d. siswa
mengomunikasikan kesimpulan bahwa hewan dan tumbuhan sangat bergantung pada
tumbuhan
68. untuk
membelajarkan kompetensi dasar mendeskripsikan benda benda disekitar dan fungsi
anggota tubuh dengan kalimat sederhana, maka kemampuan awal/prasyarat yang
harus dimiliki siswa adalah kemampuan …
a. membuat
karangan deskriptif
b. melengkapi
kalimat belum selesai
c. menyusun
kakimat sederhana
d.
membaca
kalimat sederhana
69. rumusan
masalah dalam PTK berikut yang paling tepat disebut sebagai rumusan masalah PTK yang benar adalah…
a.
apakah
pengaruh permainan peran dapat meningkatkan
keaktifan siswa kelas 5 SDN 2 Boyolali
b. bagaimana
cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan petanyaan melalui metode
Tanya jawab dalam pelajaran bahasa indonesia di kelas 4
c. bagaimana
efektifitas model pembelajaran group investigation dalam menumbuhkan daya
kritis siswa
d. bagaimana
cara menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah
e. apa
persepsi siswa terhadap penggunaan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar
pelajaran bahasa inggris
70. memahami
karakteristik siswa dari aspek fisik,moral,sosial cultural ,emosiaonal dan
intelektual termasuk dalam kompetensi
a.
pedagogi
b. kepribadian
c. sosial
d. professional
e. semua
benar
71. berkomunikasiran dengan orang tua
peserta didik dan masyarakat secara santun empatik dan efektif tentang program
pembelajaran dan kemajuan peserta didik
serta mengikutsertakan orang tua peserta
didik dan masyarakt dalam program pembelajaran dan dalam mengatasi kesulitan
belajar peserta didik merupakan kompetesi….
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c.
Sosial
d. Professional
e. Humanis
72. Memanfaatkan
teknologi informasi dan
komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan
diri termasuk dalam kompetensi…..
a. Pedagogi
b. Kepribadian
c. Sosial
d.
Profesional
e. Intelektual
73. Menerapkan
berbagai pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang mendidik
secara kreatif degan mengitegrasikan teknologi merupakan kompetensi inti pedagogi pada aspek….
a. Penguasaan
terhadap karakteristik peserta didik
b.
Penguasaan
pada teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran
c. Pengembangan
kurikulum
d. Penyelengaraan
pembelajaran yang mendidik
e. Berkomunikasi
pada peserta didik
74. Indicator
guru mampu memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran ditandai dengan…
a. Memanfaatkan
hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan Pembelajaran dalam mata pelajaran
yang diampu
b. Menggunakan
informasi hasil penilaian dan evaluasi
untuk menentukan ketuntasan belajar
c. Menggunakan
informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan
pengayaan
d. Mengkomunkasikan
hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
e.
Memanfaatkan
informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas
pembelajaran
75. Berikut
aspek penting dalam pengelolaan pembelajaran abad 21 kecuali…
a. Pemguatan
tugas utama guru sebagai perancang pembelajaran yang kreatif dan inovatif
b.
Menghindari
penggunakaan smartphone yang berlebihan
dalam pembelajaran
c. Menerapkan
kemampuan berpikir tingkat tinggin(higher order tingking)
d. Menerapkan
metode pembelajaran
yang bervariasi
e. Mengintegrasikan
tehnologi dalam pembelajaran
76. Berikut
keterampilan abad 21 yang
minimal harus dimiliki oleh siswa kecuali..
a. Berfikir
kritis
b. Kolboratif
c. Komunikatif
d. Kreatif
e.
Analitik
77. Hubungan
guru dengan guru dilingkungan sekolah bersifat …
a. Emosional
b. Situasional
c.
Kolega
d. Realisional
e. personal
78. proses yang terjadi pada tekanan sistol pada jantung
adalah ...
a. otot jontung berkontraksi
Tekanan sistolik adalah tekanan darah pada saat
terjadi kontraksi otot jantung. Istilah ini secara khusus digunakan
untuk merujuk pada tekanan arterial maksimum saat terjadi
kontraksi pada lobus ventrikular kiri dari jantung.
Rentang waktu terjadinya kontraksi disebut systole.
79. menyapa dan mengucapkan salam ketika bertemu ,menggunakan
kepala sebagai tanda hormat kepada orang lain,membuang sampah pada
tempatnya,merupakan contoh dari cara bertindak yang digemari oleh masyarakat
sehingga dilakukan berulang-ulang.manakala perbuatan tersebut tidak dilakukan ,maka dianggap
sebagai pengimpangan.contoh tersebut termasuk jenis norma ....
a. norma kesusilaan
b.
norma kesopanan
c. norma hukum
d. norma agama
e. norma adat istiadat
80. berikut yang dampak
globalisasi dalam bidang politik
adalah ...
a.
bertambahnya partai politik yang menjadi sponsor
kepentingan tertentu
b. transparansi dan akuntabilitas pemerintah mendapat
sorotan tajam
c. pemerintah hanya sebagai regulasi dalam pengaturan
ekonomi
81. pernapasan
Pada proses inspirasi pernapasan perut, berikut hal yang
benar adalah ....
a.
terjadi kontraksi pada diafragma sehingga diafragma
menjadi datar
b. rongga dada membesar sehingga tekanan rongga dada menjadi
lebih besar dibanding tekanan udara luar
c. tekanan pada rongga dada menjadi lebih kecil dibandingkan
tekanan udara luar sehingga udara keluar dari dalam paru-paru
d. diafragma mengalami relaksasi sehingga mengendor
e. difragma mengalami relaksasi sehingga rongga dada
mengecil
82. teman-teman menilai saya sebagai orang dalam berhubungan
dengan orang lain ...
a. cepat berubah pikiran
b. membutuhkan waktu lama untuk mengenal secara dekatdengan
orang lain
c. selalu memberi masukkan secara langsung saat ada prilaku
orang lain yang kurang sesuai
d. suka memberi masukkan secara langsung saat ada prilaku
orang lainyang kurang sesuai
e.
mudah menyesuaikan diri serta mampu menjelaskan dengan
rinci bila mana ada perbedaan
83. anda memiliki beban mengajar yang tinggi dalam seminggu
.disamping itu, anda menjadi salah seorang pengurus inti koperasi untuk
kesejahteraan warga sekolah. Apa yang anda lakukan ?
a. saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam
mengelola koperasi , sehingga tidak mengganggu tugas mengajar
b. saya mengutamakan tugas mengajar ,dengan sedikit
mengabaikan tugas sebagai pengurus koperasi
c.
saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan
melasanakan tugas – tugas pengurus koperasi
d. saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena
bisa mengganggu tugas mengajar
e. saya mengutamakan tugas pengurus koperasi , walaupun
tugas mengajar kurang terlaksana
84. seorang siswa
bercerita kepada guru,kalau dia merasa tertipu oleh temannya yang sudah
menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah
semester.tapi pada hari yang yang telah disepakati temannya tidak datang denagan
alasan ada urusan mendadak.siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak
menempati janji , hingga nilainya menjadi jelek.walaupun sebelumnya keduannya
bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa .jika seandainya anda
adalah mendapat cerita tersebut, apa yang anda lakukan ...
a. Memberitahukan pada salah satu pihakbahwa temannya tidak
membantu karena prihal yang penting. Selain itu urusan belajar merupakan urusan
masing-masing
b. Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat-nasehat agar
keduanya bersahabat dan saling membantu.
c. Memberitahukan pada salah satu pihak, karena tidak jadi
membantu temannya, temannya mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk
meminta maaf
d.
Memfasilitasi pertemuan diantara keduannya untuk
membangun saling kesepahaman mengenai masalh tersebut dan jalan penyelesaiannya
e. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan
menyarankan untuk dapat diselesaikan secara mandiri
85. Sebagai seorang ketua kelompok kerja guru ( KKG).ketika
berbagi tugas kelompok saya akan ...
a. Berbagi tugas berdasarkan pengalaman yang dimiliki
teman-teman
b. Membagi tugas dengan sama ratauntuk semua teman
c. Memberikan kebebasan kepada anggota untuk memilih bagian
mana yang sanggup untuk dikerjakan
d. Mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulubersama-sama,
beru membagi kelompok sesuai dengan strategi saya sebagai ketua agar pekerjaan
selesai
e.
Membagi tugas dengan memperhatikan minat dan kompetensi
setiap anggota sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik
86. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda
mencakup budaya, nilai-nilai, tngkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan orang
tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah ...
a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar
belakang yang sama
b. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaan
pemikiran, sikap, dan prilaku anak didiknya
c. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta
yang tidak dapat dihindari
d. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan
keseragaman
e.
Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap
yang menghargai siswa satu dengan yang lainnya
87. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa
selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri.anggota yang lain tidak
mau terlibat membersihkan kelas mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan
tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang
akan anda lakukan ?
a. Memberikan hukuman kepada seluruh anggota piket
kebersihan karena tidak dapat membangun kerja sama yang baik dalam tugas yang
menjadi tanggung jawab
b.
Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait
kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya agar menjadi
perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut
c. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat
dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh
dan dia tidak mengulangi perbuatannya
d. Merekombinasikan guru BK untuk melakukan konseling
kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang laindalam
suatu kelompok
e. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi
antar anggota kelompok piket kebersihan sehingga mengira menyadari tugas
masing-masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung
88. Seringkali seorang guru harus menjalankan tugas yang tidak sesuai dengan latar belakang
pendidikan dan keterampilan. Apa tanggapan anda bila menerima tugas seperti
ini?
a. Hanya akan bekerja bila sesuai dengan pendidikan dan
keterampilan saya
b. Saya akan melaksanakan namun tidak menjamin hasil kerja
saya
c. Saya akan melaksanakan setelah menyampaikan pada pimpinan
bahwa sebernarnya itu diluar bidang ilmudan keterampilan saya
d. Saya akan menjalankan sepenuhnya, sekalipun harus
menguatkan hati untuk melaksanakan
e.
Menjalankan tugas dan menganggap sebagai kesempatanuntuk
belajar pada bidang yang belum pernah saya geluti
89. Anda memiliki tetangga yang anaknya tidak didaftarkan
kesekolah meskipun sudah memasuki usia sekolah, karena anak tersebut adalah
Anak Kebutuhan Khusus (ABK). Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai guru apa
yang anda lakukan ?
a.
Menjelaskan kepada orang tuanya bahwa ABK mempunyai hak
untuk sekolah dan terdapat banyak sekolah yang mau menerima ABK sebagai
siswanya
b. Menyarankan kepada orang tuanya agar menyekolahkan
anaknya disekolah luar biasa ( SLB ) agar
tidak melanggar hak asasi manusia
c. Meminta aparat desa untuk mendatangi orang tua tersebut
agar mau menyekolahkan anaknya yang
menyandang ABK
d. Meminta guru SLB atau guru pendamping khusus untuk
mendatangi dan menyakinkan orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya
e. Meminta aparat dinas pendidikan untuk mendatangi orang
tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK
90. Seorang siswa kedapatan kedapatan membawa membawa
handphone kesekolah. Padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk
tidak membawa handphone kesekolah.sebagai guru berkewajiban memberikan
pendidikan, bagaimana anda
menanggapi permasalahan tersebut?
a.
Memanggil siswa dan menasehatinya agar tidak membawa
handphone ketika dilingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi
belajarnya (kepribadian)
b. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone segera
menyampaikan hal ini kepada wali kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk
memperoleh penanganan lebih lanjut
c. Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak
membawa handphone ketika disekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum
bellmasuk kelas dan menyita Hp untuk sementara waktu
d. Saya menemui siswa tersebut yang membawa handphone saat
disekolah maupun dikelas serta memberikan teguran langsung dengan harapan tidak
mengulangi pelanggaran tersebut
e. Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut
agar ikut mengingatkan anaknya jangan sampai membawa handphone kesekolah
(penerapan aturan)
91. Seorang guru
berminat pada kelompok permintaan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih
studi lanjut ke SMA. Namun orang tuanya bersikukuh agar anaknya memilih
permintaan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya
menjadi dokter agar masa depannya terjamin. Menurut sianak , ia merasa tidak
mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran
biologi, matematika, serta fisika,kimia. Sebagai wali kelas apa yang anda
lakukan?
a. Menasehati sianak untuk untuk patuh kepada orang tua yang
telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tua berniat
menjerumuskan anaknya
b. Memberikan saran kepada orang tua dan sianak untuk
mengenali secara objektif kemampuannya dengan konsultasi pada psikolog untuk
memilh bidang permintaan yang sesuai
c.
Menyarankan kepada si anak , untuk menyampaikan pada
orang tuabahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada
jurusan kedokteran
d. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi
sianak sebagai bahan diskusi dengan agar orang tua memahami potensi anaknya
e. Bersama guru BK, anda sebagai wali kelas akan
memfasilitasi pertemuan antara orang tua denagn siswa. Anda akan berdiskusi
bersama-sama , dengan menggunalan data-data.sebagai dasar kepuusan objektif.
92. Ketika anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat
mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting karena menyiapkan
kegiatan ritual keagamaannya, maka yang sebaiknya anda lakukan ...
a. Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahan
b. Memberi nasehat kepada siswa tersebut untuk mengganti
jadwal ritual keagamaannya
c. Menyerahkan keputusan kepada siswa
d. Memberi nasehat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan
menyerahkan keputusan kepada siswa tersebut apakah akan mengikuti atau tidak
e.
Membolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran
tambahan dan memberi kesempatan untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang
lain.
93. Ada siswa yang kurang bergairah belajar dikelas
anda.terkait dengan hal ini, tindakan yang akan anda lakukan sebagai guru
adalah ...
a. Membiarkan saja karena sangat mungkin siswa tersebut
tidak berminat pada mata pelajaran
b. Mengingatkan namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja,
dan fokus pada siswa-siswa lain yang menunjukkan kemajuan
c. Membangkitkan semangat siswa itu untuk belajar, walaupun
kemajuan sedikit
d. Menggunakan berbagai cara untuk membangkitkan semangat belajarnya
e.
Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan
cara membangkitkan semangat belajarnya
94. Bagaimana sikap anda terhadap guru yang melaksanakan
pembelajaran dengan model ancaman dan pemaksaan
kepada peserta didik agar berprestasi unggul?
a.
Sangat tidak setuju terhadap tindakan guru tersebut dalam
rangka meningkatkan prestasi unggul siswa
b. Tidak setuju terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan
prestasi unggul siswa
c. Cukup setuju dengan tindakan yang dilakukan guru tersebut
untuk meningkatkan prestasi unggul siswa
d. Setuju dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan
guru bagi meningkatkan prestasi belajar unggul siswa
e. Sangat setuju dengan tindakan guru tersebut dalam
membantu peningkatan prestasi unggul siswa
95. Karena terbiasa bekerja cepat dan teratur, anda sering
memiliki siswa waktu setelah mengajar. Anda melihat ada teman yang sedang kerepotan mengerjakan sesuatu yang
harus segera diselesaikannya. Tindakan yang mencerminkan diri anda adalah ...
a. Kalau diminta untuk membantu, maka saya tidak bersedia
karena khawatir salah
b. Mengerjakan kewajiban anda yang lain agar tidak diminta
membantu menyelesaikan pekerjaannya
c. Meminta teman itu untuk istirahat, dan menggantikan dia
untuk menyelesaikan pekerjaannya
d. Memahami kesulitan teman itu, dan siap membantu ketika
teman itu meminta bantuan saya
e.
Segera menawarkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan
itu karena ia memang perlu bantuan
96. Saat masih pendidikan dulu, saya pernah mendapatkan tugas
yang cukup bnyak dari dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan.hal yang saya
lakukan saat itu adalah ...
a. Meminta dosen untuk memberikan tenggang waktu pada
sebagian tugas
b. Mengerjakan yang penting dulu, lainnya dikerjakan nanati
kalau ada waktu
c. Meminta bantua teman untuk mengerjakan sebagian tugas dan
sebagian tugas dikerjakan sendiri
d. Mengerjakan sesuai kemampuan yang penting mengumpulkannya
e.
Mengatur waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan
tuntas
97. Anda ditugaskan ditugaskan disekolah kurang maju yang
ditandai oleh kegiatan belajar mengajar tidak optimal, media dan sumber belajar
yang minim.serta kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa upaya anda untuk
menghadapi keadaan tersebut ...
a.
Saya berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk menemukan
cara-cara baru menunjukkan sekolah
b. Saya mengusulkan kepala dinas pendidikan agar
mengutamakan program peningkatan kemajuan sekolah
c. Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran disekolah
d. Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan
media dan sumber belajar yang diperlukan sekolah
e. Saya menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan
melaksanakan tugas mengajar sebagaimana mestinya
98. Komplek dimana anda tinggal setiap musim hujan selalu
banjir sebagai akibat tidak ada saluran air menuju sungai. Warga sudah beberapa kali
mengajukan kepada pemerintah desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan
air, tetapi tetap saja permohonan itu belum dipenuhi. Akibatnya salah satu
warga yang cukup terpenuhi di wilayah itu mengajak dan atau mempengaruhi warga
lain untuk tidak membayar pajak pada tahun ini. Sebagai guru apa yang anda
lakukan?
a.
Mengingatkan warga agar tetap membayar pajak karena
membayar pajak itu adalah kewajiban warga negara
b. Tetap membayar pajak meskipun beberapa warga negara
terpengaruh terhadap himbauan tidak membayar pajak
c. Mengingatkan salah satu warga tersebut agar tidak
mempengaruhi warga lain untuktidak membayar pajak
d. Mengajak aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat
desa/kelurahan agar dibuatkan saluran air
e. Bersama warga lain mencari sponsor untuk membangun
saluran air menuju sungai agar tidak terjadi banjir lagi
99. Siswa-siswa peserta olimpiade sain nasional ( OSN ) dari
sekolah anda gagal meraih skor tinggi dalam uji coba OSN. Sebagai pendamping
OSN, apa yang anda lakukan ?
a.
Saya merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan
latihan lebih intensif bagi peserta didik untuk mengikuti OSN pada waktu
berikutnya
b. Saya meminta para peserta
tentang cara menjawab soal OSN
c. Saya meminta alumni OSN untuk mengajari para peserta
tentang cara menjawab soal OSN
d. Saya mendorong para peserta OSN mengikuti tambahan
pengayaan materi olimpiade dan guru kelas
e. Saya mengarahkan orang tua peserta OSN untuk lebih
memotivasi anak mereka agar lebih giat belajar dalam persiapan OSN
100.
Seringkali
dalam bekerja tim, kelompok memilih pandangan yang bertentangan dengan pendapat
anda. Pernyataanyang paling menggambarkan reaksi anda adalah ...
a. Keluar dari kelompok karena saya tidak bisa menerima
keputusan yang bertentangan dengan keyakinan
b. Tetap bergabung dengan kelompok namun diam-diam
mengharapkan kelompok gagal menjalankan apa yang diputuskan
c. Tetap bergabung dengan kelompok namun mengikuti semua
kegiatan denagan sepenuh hati
d. Menerima keputusan kelompok apa adanya, namun tetap
bersikap kritis terhadap keputusan yang telah diambil
e. Menerima
sepenuhnya keputusan kelompok, dan melakukan intropeksi bila ada pandangan
pribadi yang keliru.
101.
Pada
saat tiraktan untuk memperingati hari kemerdekaan
RI, anda menjadi narasumber disebuah forum tirakatan warga. Jika anda
diberi kebebasan untuk memilih tema yang diuraikan pada acara tersebut, maka
anda akan memilih tema apa?
a.
“menengoh sejarah perjuangan pahlawan kemerdekaan” dengan
alasan untuk memberikan pencerahan kepada warga agar menghargai para pahlawan
kemerdekaan
b. “tegakkan hukum menuju indonesia ray” dengan alasan
persoalan bangsa indonesia ( terutama budaya korupsi ) lebih banyak disebabkan
karena lemahnya penegakkan hukum
c. “kesadaran hukum dalam mengisi kemerdekaan” dengan alasan
agar warga memiliki kesadaran untuk menegakkan hukum dalam mengisi kemerdekaan
d. “peran orang tua dalam menaati hukum” dengan alasan taat
hukum adalah bagian dari mengisi kemerdekaan dan harus dimulai dari keluarga
e. “warga taat dalam hukum masyarakat damai” dengan alasan
agar warga selalu taat hukum sehingga1 kedamaian masyarakat tetap terjaga
102.
Terdapat
lima kriteria penilaian teman sejawat yaitu kejujuran, kedisplinan, integritas,
tanggung jawab, dan penampilan. Agar penampilan kepada teman sejawat yang anda
lakukan objektif maka yang dilakukan adalah ...
a. Setiap aspek dinilai dulu untuk semua teman, misalnya
aspek kejujuran dinilai dulu untuk semua teman baru aspek kedisplinan dan seterusnya
b. Merangking semua aspek kejujuran dari rangking pertama
samapai terakhir untuk semua teman kemudaian dilanjutkan merangking aspek
kehidupan dan seterusnya
c.
Menilai satu persatu teman sejawat dengan lima kriteria (
kejujuran, kedisplinan, integritas , tanggung jawab, penampilan) sekaligus
d. Mendiskusikan dengan teman lain agar hasil penilaian
tidak terdensius dan dapat dipertanggung jawabkan
e. Perlu mempertimbangkan senioritas meskipun lima kriteria
penilaian teman sejawat tetap perlu menjadi acuan
103.
Berdasarkan
intropeksi dan pendapat teman sesama guru,
pribadi yang mencerminkan saya adalah ...
a. Orang yang sulit untuk berapresiasi perbedaan cara siswa
dalam menyelesaikan soal karena karena membuat bingung yang lain
b. Orang yang dapat mengapresiasi perbedaan, namun hanya
untuk hal-hal yang dapat dipahaminya saja
c. Orang yang bisa menyembunyikanpikiran dan perasaan yang
tidak senang terhadap siswa ketika ada perbedaan dalam menilai suatu
d. Orang yang dapat mengapresiasi keberagaman dam memiliki
kebenaran untuk berpendapat untuk sikap perilaku yang tidak toleran
e.
Orang yang terbuka denagn masukkan atas prinsip dan
keyakinan diri, serta siap mengupayakan kompromi dengan orang lain
104.
R
adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah
meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk mencukupi
kebutuhan anak-anaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu
ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya anda lakukan adalah ...
a. Memberikan yang sebagian bantuan secara sukarela setiap
bulannya
b. Memperbolehkan R untuk sesekali tidak masuk sekolah
karena memberi kesempatan untuk R belajar menolong orang tua dan bekerja
c. Tetap tidak memperbolehkan R untuk absen dan mengajak
teman-teman guru lain untuk membantu keuangannya
d. Memberikan penjelasan kepada R arti penting dan aturan
sekolah , serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan
e.
Memberikan penjelasan kepada R dan ibunya tentang arti
penting dan aturan sekolah serta mendiskusikan bersama tentang masalah yang
dihadapi
105.
Didearah
topografi curam, seperti dilereng pegunungan, rawan terjadi rawan terjadi
longsor batuan, hal ini dikarenakan ...
a. Batu mengalami pelapukan
b. Penambangan batu liar
c.
Curah hujan yang tinggi
d. Tanah yang bergerak
e. Tanah tidak kuat menahan batu
106.
Dalam
suatu tes, seorang siswa menuliskan jawaban berikut -2 x -3=-6. Dari jawaban tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa tersebut belum
memahami sifat ....bilangan negatif
a. Tertutup
b.
Perkalian
c. Idensitas
d. Komulatif
e. Asosiatif
107.
Perhatikan
pernyataan berikut :
i.
Letak astronomi Indonesia 6 LS – 11 LS
ii.
Ibu kota indonesia adalah jakarta
iii.
Penghasil
tembakau wilayah bersuhu udara panas
iv.
Cerita
rakyat mengandung majas narasi
v.
ITB berada dibandung.
Yang termasuk fakta dalam pembelajaran IPS SD adalah ...
a. 1,2,3
b. 2,3,4
c. 3,4,5
d. 1,3,4
e.
1,2,5
108.
Konsep
ruang dan waktu dalam dinamika kehidupan
sangat berkaitan erat. Contoh langsung yang dapat terlihat adalah ...
a. Kebangkitan nasional 1908 sebagai tanggal lahirnya rasa
kebangsaan
b. Dibacakan teks proklamasi kemerdekaan indonesia oleh Ir.
Soekarno Hatta
c. Melaksanakan pengibaran bendera merah putih lepas dari
pengaruh jepang
d. Unjuk rasa menuntut agar RUU anti pornografi dan porno aksi segera
disahkan
e.
Konflik antar etnis, ras, suku mengandung perhatian
masyarakat dunia
109.
Cermatilah
kalimat-kalimat berikut!
(1) Akun-akun menyusup ke facebook, twitter, youtube dan
saluran media sosial lainnya
(2) Akun-akun media sosial ( medsos ) dalam konsep provokatif
bertebaran didunia maya
(3) Tak jarang pula gaduh lantaran menebar kebencian dan
saling menghinakan
(4) Ulahnya meracik isu sering membuat dunia maya riuh
Kalimat-kalimat tersebut dapat dijadikan paragraf yang
padu dengan urutan berikut:
a. 1,2,3,4
b.
2,1,4,3
c. 4,2,1,3
d. 3,1,4,2
e. 2,3,4,1
110.
Perhatikan
pola berikut 13, 25, 37, 49, 511, 613, 715, 817, 919, ...
Bilangan selanjutnya adalah ...
a.
1021
b. 1012
c. 1032
d. 1023
e. 1031
NB: N+2
111.
Bu Yona
akan membelajarkan materi listrik statis. Beliau ingin mengemas pembelajaran
seperti bermain sulap. Berbagai alat dan
bahan sederhana
sudah disiapkan. Para siswa
diminta juga membawa peralatan tersebut. Model pembelajaran yang cocok
diterapkan untuk mengatasi kondisi tersebut adalah ...
a. Inquiri
b. Discovery
c. Problem Based Learning
d.
Demontrasi dan praktek
e. Kooperatif
112.
Gabungan
dua kata yang menimbulkan suatu arti baru namun masih memiliki hubungan dengan
kata dasarnya disebut kata majemuk. Kata-kata berikut yang termasuk didalam
kata majemuk adalah ...
a. Cuci mata, ruang kaca, jual beli
b. Simpan pinjam, jago merah, kursi marah
c.
Kambing hitam, mata kaki, cuci mata
d. Kamar kerja, ringan tangan, hidung belang
e. Jual beli, simpan pinjam, mata kaki
113.
Salah
satu wali kelas setiap kenaikan kelas harus menentukan 3 siswa terbaik untuk
menerima hadiah dari sekolah. Anda sebagai wali kelas, maka hal yang anda
lakukan dalam menentukan siswa urutan 1,2,3 berdasarkan ,,,
a. Rata-rata nilai raport saja
b.
Keperibadian dan nilai raport
c. Nilai raport dan capaian prestasi non akademik
d. Keterlibatan kepengurusan osis dan nilai raport
e. Prestasi akademik dan non akademik
114.
Yang
termasuk manifest sosial problem adalah ...
a.
Kesenjangan sosial
b. Konflik antar desa
c. Kejahatan dunia maya
d. Kasus korupsi dana pemerintah
e. Tengkulak / rentenir
115.
Kelas
akselerasi adalah untuk memenuhi kebutuhan siswa yang memiliki potensi dan
bakat akademik luar biasa. Maka istilah akselerasi pada kalimat tersebut adalah
...
a. Unggulan
b. Peningkatan
c.
Percepatan
d. Tambahan
e. Khusus
116.
Rekayasa
dalam bidang pertanian sudah sering dilakukan. Rekayasa perkembangan vegetativf
buatan biasanya untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan manusia.
Jika kita ingin mendapatkan buah durian yang dagingnya tebal seperti durian
montong . tetapi rasanya manis pahit seperti durian unggul tertentu. Maka dapat
dilakukan kegiatan berikut, kecuali ...
a. Mengokulasi pohon durian yang buahnya pahit dengan pohon
durian berdaging tebal yang rasanya tidak manis
b. Menyambung pohon durian yang memiliki daging buah tebal
dan manis pada pohon durian yang rasanya pahit
c. Menangkarkan tunas durian yang memiliki daging buah tebal dan rasanya pahit
d. Menyangkok pohon durian yang memiliki daging buah tebal
dan rasanya pahit
e.
Melakukan kultur jaringan batang durian yang memiliki
buah tebal dan rasanya pahit
117.
Ayah
mengendarai mobil kerumah nenek berangkat pada pukul 10.00 pagi.jika ayah
mengendarai mobil dengan kecepatan 60km/jam dan ayah akan tiba dirumah nenek
pukul 11.30 maka jarak kerumah nenek adalah ... km
a. 70
b. 75
c. 80
d.
90
e. 120
Kecepatan=60
km/jam
Waktu=11.30-10.00=1 1/2 jam
Jarak=Kecepatan×Waktu
Jarak=60×1 1/2=60×3/2=180/2=90 km
118.
Dalam
ujian fisika andi mendapatkan nilai 75 dengan nilai rata-rata kelas 70 dan
simpanan baku 10 sedangkan dalam ujian statistika ia mendapatkan nilai 80
dengan rata-rata kelas 75 dan simpangan baku 12 maka ...
a. Kemampuan fisika dan statistika dikelas andi sama
variannya
b. Kemampuan fisika dikelas andi lebih beragam dari pada
kemampuan statistikanya
c. Kemampuan dikelas andi lebih seragam dari pada kemampuan
statistikanya
d.
Kemampuan statistika dikelas andi lebih seragam dari pada
kemampuan fisikanya
e. Kemampuan fisika dan statistikanya dikelas andi tidak
dapat dibandingkan variannya
119.
Tanda
baca yang tepat terdapat dalam paragraf ...
a.
Pada abad XXI ini harus semakin peduli. Masih banyak
saudara kita hidupnya serba
kekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan seperti
bahan makanan, pakaian, obat-obatan dan tempat tiggal.
b. Pada abad ke 21 ini kita harus semakin peduli. Masih
banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan
seperti, bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan tempat tinggal
c. Pada abad ke 21 ini kita harus semakin peduli. Masih
banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan bantuan
seperti : bahan makanan, pakaian, obat-obatan, dan tempat tinggal
d. Pada abad ke dua puluh satu ini kita harus semakin
peduli. Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat
memerlukan bantuan seperti bahan
makananan: pakaian; obat-obatan; dan tempat tinggal
e. Pada abad ke stri XXI ini kita harus semakin peduli.
Masih banyak saudara kita hidupnya sebakekurangan. Mereka sangat memerlukan
bantuan seperti bahan makanan ; pakaian; obat-obatan; dan tempat tinggal
120.
“mengamati,
mengolah dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan,
kesehatan manusia, keseimbnagan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan
manusia secara mandiri dalam bahasa indonesia lisan dan tulis dengan memilih
dan memilah kosa kata baku”. Ruang lingkup materi Bahasa Indonesia yang
terkandung pada kompetensi dasar tersebut adalah adalah ...
a. Makanan dan rantai makanan, teks laporan
b.
Teks laporan, kosa kata baku
c. Kesehatan manusia, keseimbnagan ekosistem
d. Kosa kata baku, pengaruh kesehatan baku
e. Bahasa lisan, tulisan, makanan dan rantai makanan.
No comments:
Post a Comment