Sunday, July 4, 2021

Jawaban SOAL Penilaian Awal Pelajaran 2 Synchronous Critical Thinking

 Kuis Penilaian Awal – Pelajaran 2

Click Here to Continue

1.    Apa itu berpikir kritis?

A.     Membuat konsep dan mengkomunikasikannya pada orang lain

B.     Menciptakan gagasan yang baru dan bermanfaat

C.     Memutuskan apakah menerima, menolak, atau menunda suatu pernyataan.

D.     Merumuskan solusi terhadap suatu masalah.

Correct

2.    Apa produk berpikir kritis?

A.     Konsep

B.     Gagasan baru

C.     Penilaian dan keyakinan

D.     Solusi

Correct

3.    Apa peran berpikir kritis dalam praktik elearning?

A.     Berpikir kritis adalah prasyarat student-centered learning.

B.     Student-centered learning adalah prasyarat elearning yang efektif

C.     A dan B benar

D.     A dan B salah.

Correct

4.    Apa hubungan antara berpikir kritis dengan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir” (SSSP)?

A.     SSSP adalah praktik berpikir kritis.

B.     SSSP adalah pemasan untuk siap berpikir kritis.

C.     SSSP tidak ada hubungannya dengan berpikir kritis.

D.     Semua jawaban benar

Correct

5.    Tujuan utama pernyataan “Saya menjadi sadar …” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

A.     Observasi

B.     Insight

C.     Emosi

D.     Ingatan

Correct

6.    Tujuan utama pernyataan “Saya jadi terpikir ….” adalah untuk melatih ketajaman dan keterbukaan pikiran dalam

A.     Observasi

B.     Insight

C.     Emosi

D.     Ingatan

Correct

7.    Pernyataan yang benar tentang berpikir kritis

A.     Setiap orang terampil berpikir kritis

B.     Setiap orang mampu berpikir kritis

C.     Ada orang yang tidak bisa berpikir kritis

D.     Semua jawaban benar.

Correct

8.    Dalam bentuk apa saja Guru bisa mempraktikkan “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

A.     Sesering mungkin menyisipkan dalam ucapan pemaparan materi ajar

B.     Sesering mungkin menyisipkan dalam umpan balik tugas murid

C.     Menjadikan penilain tugas murid (misalnya di presentasi)

D.     Semua jawaban benar

Correct

9.    Mana yang bisa menjadi stimulus untuk mempraktikkan ?

A.     Topik pelajaran

B.     LIrik lagu pop

C.     Alur cerita film fiksi sains

D.     Semua jawaban benar.

Correct

10.  Apa yang ingin dilatih melalui berpikir kritis dan praktik “Saya Sadar, Saya Berpikir”?

A.     Hindari menerima atau menolak suatu gagasan/klaim terlalu cepat.

B.     Selalu siap berpikir divergen, sebelum mengambil keputusan

C.     JIka terlalu banyak yang luput dari observasi, akan banyak juga insight yang saya dapat

D.     Semua benar

 

No comments:

Post a Comment

GURU MERDEKA BELAJAR

  Asesmen Pra Program   Apa cara belajar guru yang keliru?  Menunggu instruksi dinas pendidikan  Mencari dan mencoba sendiri di kelas  Menyi...