SOAL PEDAGOGIK
1. Seorang siswa
diminta untuk mengidentifikasi masalah yang mereka hadapi, lalu masalah itu
didiskusikan dalam kelompok untuk mendapatkan solusinya. Ilustrasi ini
berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan
kognitif
B. kemampuan
interaksional
C. kemampuan
integrasi diri
D. kemampuan
komunikatif
2. Pernyataan
berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan
berkomunikasi
B. Kemampuan untuk
memecahkan masalah
C. kemampuan
berinteraksi
D. kemampuan untuk
mengintegrasikan diri
3. Kemampuan
berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika tapi masih terkait dengan
obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15
tahun
4. Menggunakan
potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran
IPA serta IPS sebagai media adalah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir
anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami
bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit
(operasional konkrit)
B. Pengamatan dan
penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi
pengamatan bersifat egosentris
D. Kemampuan
mengoperasikan kaidah logika yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat
konkrit (operasional formal)
5. Kemampuan
peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A. Kognitif
B. Sosial
C. Emosional
D. moral
6. Seorang peserta
didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi
kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang
memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung
belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam
perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
7. Seorang peserta
didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi
kesempatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika teman lain yang
memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung
belajar sendiri. Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spiritual
8. Hubungan (bond)
antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin kuatlah hubungan
keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
9. Memaksimalkan
kegiatan ekstrakurikuler, melakukan rekreasi dengan guru, dan melakukan
kegiatan informal lainnya memiliki fungsi untuk mengatasi kesulitan belajar
dalam hal ….
A. mengemukakan
gagasan
B.
mengaktualisasikan diri
C. penciptaan
hubungan yang baik
D. menformulasikan
tindakan
10. Seorang peserta
didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih
senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai
menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut
dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ...
A. intelegensi dan
kognitif
B. budaya dan
pembiasaan
C. keluarga dan
lingkungan masyarakat
D. emosional dan
kepribadian
11. Seorang peserta
didik mampu mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada saat
ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami
kesulitan/ gangguan belajar dalam hal ....
A. kesulitan
akademis
B. gangguan
simbolik
C. gangguan
nonsimbolik
D. gangguan sosial
12. Perbedaan
antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan
konseling adalah....
A. Membantu siswa
agar dapat memecahkan masalah pribadinya
B. Menbantu siswa
agar dapat melakukan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa
agar dapat mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa
agar memperoleh informasi tertentu
13. Teori ini
memandang belajar sebagai hasil dari pembentukan hubunganantara rangsangan dari
luar (stimulus) dan balasan dari siswa (response) yangdapat diamati. Semakin
sering hubungan (bond) antara rangsangan dan balasan terjadi, maka akan semakin
kuatlah hubungan keduanya (law of exercise). Teori belajar yang dimaksud
adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme
14. Di dalam proses
pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk
mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencobacoba (trial and error),
mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus
beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini
merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme
15. Menurut teori
ini, peranan guru dalam pembelajaran adalah sebagai fasilitator, motivator, dan
memberikan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori belajar ini
berusaha memahami perilaku belajar dari sudut pandang pelakunya bukan dari
sudut pandang pengamatnya. Teori belajar ini adalah ….
A. Humanistik
B. Konstruktivisme
C. kognitivisme
D. Nativisme
16. Pada masa kini
siswa dituntut untuk dapat belajar setiap saat dan bisa terjadi di manapun. Hal
ini terjadi karena kemajuan teknologi yang memungkinkan belajar jarak jauh
dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori belajar ….
A. Sibernetik
B. Konstruktivisme
C. Behaviorisme
D. Kognitivisme
17. Pendapat yang
menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan
pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah
teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik
18. Tujuan
pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan
dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B. RPP
C. Silabus dan RPP
D. SKL
19. Komponen
rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
B. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran,
evaluasi
C. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas,
kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi,
metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah
pembelajaran
20. Silabus dan RPP
sama-sama sebagai rencana proses pembelajaran, perbedaannya adalah sebagai
berikut:
A. Silabus berisi
kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan belajar untuk mencapai
kompetensi dasar
B. Silabus
bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari
standar kompetensi lulusan
C. RPP dibuat oleh
setiap guru, sedangkan silabus dibuat oleh tim guru
D. RPP dan silabus
keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.
21. Salah satu
prinsip dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau
bahan ajar berbasis kompetensi
B. Pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik
C. RPP bersumber
dari silabus
D. Alokasi waktu
sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan
22.Perhatikan
beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia adalah sebagai
berikut ......
1) Kompetensi dasar
:Mengenal kegiatan bermusyawarah
2) Indikator :
menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
3) Tujuan
Pembelajaran : setelah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa dapat
menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan
komponen-komponen RPP tersebut prinsip digunakan adalah....
A. Memberikan umpan
balik dan tindak lanjut
B. Mendorong
partisipasi aktif peserta didik
C. Memperhatikan
perbedaan individu peserta didik
D. Keterkaitan dan
keterpaduan
23. Benjamin S.
Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C. ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.
24. Taksonomi
Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan
ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan;
pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan,
pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan,
pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan,
pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.
25. Model
pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak
kreatif, memecahkan masalah yang dihadapi secara realistis, merangsang
perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi
dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and
Picture
26. Faktor yang
penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan masalah
proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang
tersedia untuk melaksanakan diskusi
B. Rumusan masalah
yang harus didiskusikan
C. Jumlah peserta
didik yang mengikti pembelajaran
D. Motivasi belajar
siswa
27. Fungsi
indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
28. Apa yang paling
tepat dilakukan guru, jika seorang peserta didik tidak memberikan jawaban atas
pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk peserta
didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan
kritik agar peserta didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan
isi pertanyaan agar mudah dipahami peserta didik
D. Menjawab sendiri
pertanyaan tersebut.
29. Prinsip
sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan,
kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai
dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual
peserta didik.
B. Adanya hubungan
yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi
pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan
indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan
sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D.
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai
kompetensi.
30. Ciri-ciri kelas
yang menggunakan pembelajaran CTL adalah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan
teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu
sumber
31. Dalam memilih
dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi
materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan
memberikan kontribusi untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan
pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat
32. Bu Rossa
menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materimateri yang dikenal
siswa kemudian menuju hal-hal baru dan dianggap lebih mendalam. Bentuk
pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri
33. Memilih media
pembelajaran hendaknya tidak boleh sembarangan tetapi harus didasarkan pada
kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar individual, kelompok kecil,
kelompok besar atau massal. Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk
ke dalam kriteria...
A. Tujuan
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks
penggunaan
34. Pada saat
mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran
dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan
dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih
media pembelajaran adalah…
A. Pendidik harus
mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B. Pendidik harus
memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C. Pendidik harus
menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah.
D. Pendidik
menyesuaikan dengan materi pembelajaran.
35. Pada saat
mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang
tepat sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat
dibagi ke dalam..
A. media yang
memiliki daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput terbatas
B. media yang dpat
didengar saja dan media yang dapat dilihat
C. media
tradisional dan media berbasis TIK
D. media dua
dimensi dan media tiga dimensi
36. Di ruang media
tersedia berbagai macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai
seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih
media mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal
ini. Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan
adalah...
A. Tujuan, sasaran
didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks
penggunaan, dan mutu teknis.
B. Sasaran didik,
karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan.
C. Tujuan, sasaran
didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D. Kultur sekolah,
tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
37. Seorangguru
harus mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai
tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media
pembelajaran adalah:
A. media
pembelajaran yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
B. sebuah media
dapat digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
C. media dapat
digunakan sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
D. memilih media
tidak perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
38. Setiap materi
pembelajaran memiliki tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan
peserta didik memahami materi yang memiliki tingkat kesukaran tinggi guru
sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan
video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut
adalah:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar
B. Membuat konkrit
konsep yang abstrak
C. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
D. Membawa objek
yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
39. Media memiliki
fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam
membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru
ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja. Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media
pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A. Menampilkan
objek yang terlalu besar, misalnya pasar, candi.
B. Membawa objek
yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C. Membuat konkret
konsep yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D. Menampilkan
objek yang tidak dapat diamati dengan mata telanjang.
40. Seorang guru
ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang
bersifat pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat
dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A. book
B. forum
C. blog
D. e-portofolio
41. Seorang guru
sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai
pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Pengertian
googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A. program mencari
informasi
B. program desktop
publishing
C. program untuk
menjelajahi laman
D. program
penciptaan laman
42. Saat kita akan
informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet
yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine). Salah satu laman
yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A. www.yahoo.com
B. www.gmail.com
C. www.hotmail.com
D. www.cari-data.com
43. Seorang guru
akan membuat media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan berbagai
dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk
memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
A. Microsoft
Database
B. Microsoft
PowerPoint
C. Microsoft
Desktop Publishing
D. Microsoft Word
44. Seorang guru
dapat menampilkan bahan tayang yang menarik perhatihan siswa dalam
pembelajaran. Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft.
Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah....
A. Microsoft
Database
B. Microsoft Spread
Sheet
C. Microsoft
powerpoint
D. Microsoft
Desktop Publishing
45. pertanyaan,
mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi/
menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta
mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh
pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu
merupakan bagian dari model pembelajaran…
A. portofolio
B. saintifik
C. penemuan
D. autentik
46. Pak Larso
melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam
mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya,
dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan
membimbing peserta didik berkolaboratif yang mengintegrasikan berbagai subjek
(materi) dalam kurikulum. Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut
merupakan model pembelajaran ....
A. projek based
learning
B. discovery
Learning
C. Problem Based
Learning
D. Inquiry learning
47. Bu Rumini
melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok
mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas,
sehingga dimungkinkan muncul berbagai macam alternatif pendapat. Kegiatan yang
dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A. Project based
learning
B. inquiry learning
C. Discovery
learning
D. problem based
learning
48. Berikut ini
merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based
learning :
1) Penentuan
Pertanyaan Mendasar,
2) Mendesain
Perencanaan Proyek,
3) Menyusun Jadwal
(Create a Schedule),
4) Memonitor
peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the
Project),
5) Menguji Hasil
(Assess the Outcome),
6) Mengevaluasi
Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar
adalah ....
A. 1-2-3-4-5-6
B. 1-3-2-4-5-6
C. 1-3-2-5-6-4
D. 1-2-3-5-4-6
49. Perhatikan
langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1) Mengorganisasi
siswa dalam belajar
2) Orientasi siswa
pada masalah
3) Membimbing
penyelidikan siswa secara mandiri atau kelompok
4) Mengembangkan
dan menyajikan hasil karya
Jika
langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran
Problem Based
Learning, urutan langkah yang tepat adalah ....
A. 1-2-3-4
B. 2-3-1-4
C. 3-2-1-4
D. 2-3-1-4
50. Kriteria
keberhasilan belajar siswa ditentukan dengan menggunakan Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). KKM adalah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan.
Untuk menentukan KKM diperlukan faktor-faktor….
A. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B. Kemampuan guru,
sarana/prasarana, dan intake siswa
C. Kompleksitas
indikator, daya dukung, dan intake siswa
D. Kemampuan guru,
tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa
51. Fungsi KKM
adalah sebagai berikut, kecuali....
A. sebagai acuan
peserta didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B. merupakan target
satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C. dapat digunakan
sebagai bagian dari komponen dalam melakukan evaluasi program pembelajaran yang
dilaksanakan di sekolah.
D. Sebagai kegiatan
pengambilan keputusan yang dapat dilakukan melalui metode kualitatif atau
kuantitatif.
52. Fungsi
indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian
standar kompetensi
B. Pencapaian
kompetensi dasar.
C. Pencapaian
tujuan pembelajaran
D. Pencapaian
standar kelulusan
53. Untuk
menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru
adalah;
A. Menilai tingkat
pencapaian hasil belajar siswa
B. Menambah bahan
pelajaran baru
C. Mengetahui
jumlah siswa yang tidak akan mengikuti program tindak lanjut
D. Memilih waktu
yang tepat untuk melaksanakan program tindak lanjut
54. Instrumen yang
diguanakan untuk menilai perilaku siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A. Pedoman observasi
B. Kuesioner
C. Pedoman
wawancara
D. Tes hasil
belajar
55. Sebelum guru
menyusun soal-soal untuk menilai hasil belajar peserta didik, manakah yang
pertama kali harus dipelajari:
A. Buku sumber yang
digunakan
B. Kurikulum dan
silabus
C. Indikator
pencapaian kompetensi
D. Kemampuan awal
siswa
56. Salah satu
prinsip dalam penilaian hasil belajar peserta didik adalah penilaian harus
terpadu artinya:
A. penilaian
berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B. penilaian
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C. penilian
berdasarkan kriteria yang jelas tentang kompetensi yang harus dicapai
D. penilaian harus
berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi
57. Instrumen
penilaian hasil belajar yang digunakan pendidik harus memenuhi persayaratan
berikut, kecuali:
A. Konstruksi butir
soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B. Substansi yang
diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C. Bahasa yang
digunakan komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan peserta didik
D. Digunakan untuk
ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester
58. Untuk
mengetahui prestasi belajar yang dicapai oleh semua peserta didik pada satu
rombongan belajar dapat dilakukan dengan menghitung nilai;
A. Mean
B. Modus
C. Median
D. Simpangan baku
59. Standar
penilaian pendidikan merupakan acuan bagi guru dalam melaksanakan
A. Penilaian hasil
belajar peserta didik
B. Penilaian proses
pembelajaran yang dilakukan guru
C. Penilaian
silabus dan RPP
D. Penilaian
standar kompetensi lulusan
60. Penilaian
adalah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar.
Penilaian dapat berupa hasil belajar peserta didik yang tidak dipengaruhi oleh
kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosialekonomi, budaya,
bahasa, gender, dan hubungan emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada
aspek penilaian….
A. Objektivitas.
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
61. Upaya merancang
pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak
dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test
tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
62. Dasar rancangan
program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan
belajar ….
A. proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang
dipilihhanya berbentuk test ulang
63. Salah satu
prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan
guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test
ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
64. Kriteria
ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan belajar yang ditentukan
oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A. Nilai batas
ambang kompetensi
B. Nilai minimal
yang dicapai peserta didik
C. Nilai maksimal
yang dicapai peserta didik
D. Nilai batas
ambang kelulusan ujian sekolah
65. Penilaian
portofolio dapat dilaksanakan dengan cara ….
A. Memberikan
penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C. Mengumpulkan
hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan
rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D. Mengumpulkan
lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan
siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan
pengajarandan test remedial
66. Penilaian hasil
belajar siswa didasarkan pada karya siswa dan tugas siswa, kemampuan dalam
proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A. Konstruktivisme
B. Authentic
assesment
C. Efektif
B. Transparan
C. Bermakna
D. Menyeluruh
67. Pendekatan tes
ini menggunakan norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor
yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor
standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini
(PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok. Pendekatan tes yang
dimaksud adalah….
A. Penilaian
berkelanjutan
B. penilaian
menyeluruh
C. penilaian acuan
patokan
D. penilaian acuan
norma
68. Kurikulum 2013
menggunakan pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian acuan
kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan
pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan
belajar minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan
karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan
karakteristik peserta didik. Dengan demikian, Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan
penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a. Penilaian
berkelanjutan
b. Penilaian
autentik
c. Penilaian acuan
patokan
d. Penilaian acuan
norma
69. Menggambarkan
sejauh mana seorang peserta didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A. tujuan penilaian
B. prinsip
penilaian
C. fungsi penilaian
D. hasil penilaian
70. Mengetahui
tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok peserta didik untuk ditingkatkan
dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan merupakan….
A. prinsip
penilaian
B. tujuan penilaian
C. fungsi penilaian
D. bentuk
penilaian.
71. Assesment hasil
belajar peserta didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut,
kecuali:
A. objektif
B. adil
C. kooperatif
D. terpadu.
72. Penilaian yang
didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut
merupakan prinsip penilian yang:
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
73. Penilaian yang
dapat dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya,
hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. akuntabel
C. valid
D. sistematis
74. Penilaian yang
dilakukan secara berencana dan bertahap dengan mengikuti langkah-langkah yang
baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A. adil
B. objektif
C. valid
D. sistematis
75. Di bawah ini
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan assesmen hasil belajar
peserta didik, kecuali….
A. ditujukan untuk
mengukur pencapaian kompetensi
B. menggunakan
acuan kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C. ditindaklanjuti
dengan program remedial dan pengayaan
D. dilakukan
pengulangan jika ternyata hasilnya banyak yang jelek
76. Program
pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya belajar masingmasing. Pembelajaran
remedial harus mengakomodasi perbedaan individual peserta didik.Pernyataan di
atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran
remedial, yaitu...
A. Fleksibilitas
B. Interaktif
C. Adaptif
D. Kesinambungan
77. Berdasarkan
data hasil evaluasi pembelajaran tentang memahami teks anekdot ternyata
hasilnya tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15
sehingga mengikuti program remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah
15 orang mengikuti program pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa dapat
dilakukan oleh guru dengan cara...
A. Mengadakan
pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B. Digabung dengan
siswa yang belum tuntas ikut remedial
C. Melanjutkan
materi pada KD selanjutnya
D. Memberi tugas mengerjakan
lembar kerja siswa
78. Upaya merancang
pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak
dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A. Memberikan
tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda
B. memberikan test
tambahan dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C. memberikan
tambahan sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi
berikut instrument testnya yang sesuai
D. diberikan materi
bahan ajar yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang
memiliki kesulitan tinggi
79. Dasar rancangan
program remidi bagi peserta didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan
belajar ….
A. proses
pengajaran remedial pada dasarnya adalah proses belajar mengajar biasa
B. tujuan
pengajaran remedial adalah sama dengan test diagnostik
C. sasaran
terpenting pengajaran remidial adalah peningkatan kecerdasan siswa
D. strategi yang
dipilihhanya berbentuk test ulang
80. Salah satu
prinsip merancang program remidial bagi peserta didik tampak dalam kegiatan
guru ….
A. Membuat
rancangan pembelajaran khusus untuk siswa peserta remedial
B. Menggunakan
rancangan pembelajaran yang telah dibuat dengan memperhatikan hasil temuan
analisis evaluasi belajar siswa
C. Menggunakan
rancangan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D. merancang test
ulang saja tanpa ada pengulangan penjelasan materi
81. Agar dapat
menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda dapat melakukan kegiatan-kegiatan.
Salah satu kegiatan itu adalah pengkajian teoretik di bidang
pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah
...
A. merumuskan
masalah
B. mengidentifikasi
masalah
C. Merancang PTK
dengan mengajukan hipotesis tindakan
D. menyusun
proposal penelitian
82. Mengetahui
proses tindakan, pengaruh tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c)
keadaan dan kendala tindakan, (d) bagaimana keadaan dan kendala tersebut
menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK
pada langkah ….
A. refleksi
B. observasi
C. perencanaan
D. pelaksanaan
83. Model rancangan
PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus
menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian
lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah ….
A. observasi -->
refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. refleksi -->
perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C. perencanaan
--> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D. perencanaan
--> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi
84. Rumusan masalah
dalam PTK berikut, yang mana paling tepat disebut
sebagai rumusan
masalah PTK?
A. Apakah pengaruh
permainan peran dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas XI SMA Negeri 2
Boyolali?
B. Bagaimana cara
meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya
jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C. Mengapa siswa
SMA Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam berbagai perlombaan nasional?
D. Bagaimana cara
menggunakan alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?
85. Dalam
Penelitian tindakan kelas, masalah yang diteliti berasal dari ....
A. kerisauan guru
akan kinerjanya di kelas yang diajar
B. keriasauan
pendidik akan mutu pendidikan
C. keinginan untuk
membantu guru
D. kepedulian
peneliti akan kinerja guru
86. Di bawah ini
adalah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Suharsimi
Arikunto, kecuali….
A. Kesadaran diri
untuk memperbaiki kinerja
B. Kegiatan yang
direkayasa
C. Perencanaan
D. Upaya empiris
dan sistematis
87. Pola
perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara bertahap dan terusmenerus
merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A. Pengumpulan data
B. Menganalisis
masalah
C. Mencapai tujuan
D. Menentukan ruang
lingkup
88. Peran guru
dalam PTK adalah sebagai…
A. Guru
B. Peneliti
C. Guru dan
Peneliti
D. Objek Penelitian
89. Berikut ini
kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A. Pelaksanaan
tindakan
B. Observasi dan
intepretasi
C. Diskusi balikan
D. Analisis data
90. Tujuan PTK
adalah…
A. Perbaikan KBM
B. Menyusun teori
baru
C. Memperbaiki
teori
D. Menyusun
generalisasi
91. Merenungkan
kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk
tindak lanjut PTK merupakan…
A. Analisis
B. Refleksi
C. Observasi
D. Diskusi
92. Latar belakang,
tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi bagian dari PTK
khususnya pada bagian….
A. Kesimpulan
B. Prosedur
penelitian
C. Pendahuluan
D. Metodologi
penelitian
93. Persiapan awal
dalam PTK adalah…
A. Menyiapkan cara
wawancara
B. Membuat analisis
kelayakan hipotesis
C. Membuat rencana
(perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D. Menyiapkan
fasilitas dan sarana
94. Proposal
penelitian dalam PTK adalah….
A. Usulan untuk
mendapatkan dana penelitian
B. Uraian tentang
komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C. Uraian projek
penelitian pendidikan
D. Perencanaan
sistematik untuk melaksanakan PTK
95. Berikut ini
langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A. Formulasi solusi
dalam bentuk hipotesis tindakan
B. Analisis
kelaikan hipotesis tindakan
C. Persiapan
tindakan
D. Observasi dan
inperetasi.
96. Kegiatan yang
harus dilakukan setelah pembelajaran adallah melakukan refleksi. Refleksi ini
tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh peserta didik. Tujuan
dilakukannya refleksi pembelajaran bagi peserta didik adalah....
A. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B. untuk mencapai
kepuasaan diri peserta didik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin
komunikasi positif dengan pendidik.
C. untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran
selanjutnya
D. untuk mencapai
kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang tepat dalam menjalin komunikasi
positif dengan peserta pendidik.
97. Kegiatan yang
harus dilakukan setelah pembelajaran adalah melakukan refleksi. Tujuan
dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain adalah ….
A. Untuk
menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil belajar peserta didik
B. Untuk melakukan
evaluasi diri terhadap hasil belajar yang telah dilakukan
C. untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D. Untuk
mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
98. Kegiatan
refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada
kegiatan inilah guru akan dapat mengetahui berhasil tidaknya rencana
pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan
beberapa prinsip, diantaranya adalah ....
A. Hasil penilaian
pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B. Ada kesadaran
pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
D. Penilaian
dilaksanakan sejak awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran
99. Refleksi
terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan
mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan
beberapa prinsip, di antaranya adalah ….
A. Penilaian
dilaksanakan di akhir pembelajaran
B. Ada kesadaran
pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C. Penilaian oleh
peserta didik dilakukan dengan sangat kritis
D. Hasil penilaian
pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
100. Untuk
mengetahui keberhasilan belajar peserta didik, baik selama maupun setelah
peserta didik mengikuti pembelajaran tertentu dapat dilihat melalui pengamatan
keaktifan peserta didik dalam bekerjasama atau wawancara tentang
kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik selama mengikuti
pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang dapat menjelaskan memberikan penjelasan
tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya adalah ...
A. Mengapa peserta
didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah
proses pembelajaran yang dilakukan agar efektif?
C. Apakah
kompetensi awal peserta didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. mengapa peserta
didik kita memberikan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita
lakukan
Kunci Jawaban
1.A 2.B 3.C 4.A 5.C
6.A 7.A 8.A 9.C 10.C 11.B 12.C 13.A 14.D 15.A 16.A 17.C 18.B 19.A 20.A 21.B
22.D 23.B 24.D 25.C 26.B 27.D 28.A 29.D 30.D 31.A 32.B 33.D 34.B 35.A 36.A 37.C
38.B 39.A 40.C 41.C 42.A 43.D 44.C 45.B 46.A 47.D 48.A 49.B 50.C 51.D 52.B 53.
54.A 55.C 56.D 57.D 58.A 59.A 60.A 61.D 62.C 63.C 64.A 65.C 66.B 67.D 68.C 69.C
70.B 71.C 72.C 73.B 74.D 75.D 76.C 77.A 78.D 79.C 80.B 81.C 82.B 83.D 84.B 85.A
86.B 87.B 88.C 89.D 90.A 91.B 92.C 93.C 94.D 95.D 96.B 97.A 98.D 99.C 100.D
No comments:
Post a Comment