Monday, July 12, 2021

Kuis Konsep Pembelajaran Tahun Ajaran 2021/2022

 

1.     Perubahan praktik pembelajaran, dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh tidak memiliki pengaruh pada satuan pendidikan ataupun siswa.

o     Benar

o     Salah

 

2.     Berdasarkan SKB 4 Meteri penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19, dapat dilakukan dengan cara pertemuan tatap muka terbatas dan pembelajaran jarak jauh.

o     Benar

o     Salah

 

3.     SKB 4 Menteri yang ditetapkan pada 30 Maret 2021, menetapkan 3 poin penting dalam penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.

o     Benar

o     Salah

 

4.     Membantu guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran ketika ada perubahan kondisi pada satuan pendidikan dan/atau status daerah terkait pandemi COVID-19. Merupakan salah satu tujuan dirancangnya pembelajaran di masa pandemi.

o     Benar

o     Salah

 

5.     Terdapat 3 tujuan penyelenggaraan pembelajaran di masa pandemi.

o     Benar

o     Salah

 

6.     Adanya arahan untuk penyesuaian konsep dan rencana pembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi guru dan tenaga kependidikan. Merupakan salah satu manfaat pembelajaran di masa pandemi COVID-19.

o     Benar

o     Salah

 

7.     Adanya rujukan bagi satuan pendidikan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran campuran di masa pandemi COVID-19. Merupakan salah satu manfaat bimtek ini.

o     Benar

o     Salah

 

Manfaat Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19

1. Kepala satuan pendidikan dan guru mendapatkan pemahaman dalam keterbatasan waktu mengenai bagaimana menerapkan pembelajaran di tahun ajaran 2021/2022.

2.     Kepala satuan pendidikan dan guru mendapatkan gambaran untuk mengelola pembelajaran di tahun ajaran 2021-2022, dengan 2 pilihan strategi: pembelajaran campuran (PTM terbatas dan PJJ) dan pembelajaran jarak jauh secara penuh.

3.     Kepala satuan pendidikan dan guru mendapatkan  gambaran langkah dan penyesuaian yang adaptif yang dapat diambil oleh kepala sekolah dan guru berdasarkan kebutuhan satuan pendidikan  melalui contoh-contoh kasus.

4.     Kepala satuan pendidikan dan guru dapat mengasah sensitivitas peserta terhadap resiko penularan COVID-19 dan kemampuan merancang antisipasi terhadap terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

8.     Salah satu ruang lingkup pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 ialah pengelolaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan sebagai acuan bagi guru dan tenaga kependidikan.

o     Benar

o     Salah

 

9.     Ukuran keberhasilan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di bagi menjadi 2.

o     Benar

o     Salah

 

10.  Pelibatan orang tua dalam merencanakan, memandu, melaksanakan, memberi umpan balik dan mengembangkan pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Merupakan ukuran keberhasilan bagi guru.

o     Benar

o     Salah

 

 


No comments:

Post a Comment

GURU MERDEKA BELAJAR

  Asesmen Pra Program   Apa cara belajar guru yang keliru?  Menunggu instruksi dinas pendidikan  Mencari dan mencoba sendiri di kelas  Menyi...