1. Dengan disusun dan diterbitkannya Panduan
Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 ini untuk
membantu guru dan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran di masa
pandemi COVID-19. Diharapkan…
a. Satuan
pendidikan membentuk satuan tugas COVID-19 untuk persiapan pembelajaran
b. Guru
dan tenaga kependidikan mempunyai acuan dalam merancang, melaksanakan, memandu
dan mengembangkan pembelajaran yang efektif
c. Guru
mampu menyesuaikan dalam Pembelajaran Tata Muka Terbatas (PTM Terbatas)
d. Semua
Benar
Correct
2. Dalam Panduan penyelenggaraan Pembelajaran Di
Masa Pandemi terdapat Dasar Hukum tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar
Dalam rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) yang
tertuang dalam ..
a. Undang-Undang
Nomor 20 Tahun 2003
b. Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2017
c. Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 33 Tahun 2019
d. Peraturan
Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020
Correct
3. Berikut adalah tujuan penyusunan Panduan
Penyelenggaraan Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19, kecuali ..
a. Memandu
satuan pendidikan untuk mempersiapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ).
b. Memandu
guru dan tenaga kependidikan dalam merancang, memfasilitasi, melaksanakan dan
merefleksikan pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
c. Memandu
warga satuan pendidikan dalam melakukan pemantauan dan evaluasi terhadap
efektivitas pembelajaran di masa pandemi COVID-19.
d. Memandu
guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan penyesuaian pembelajaran ketika
ada perubahan kondisi pada satuan pendidikan dan/atau status daerah terkait
pandemi COVID-19.
Correct
4. Dalam manfaat Panduan Penyelenggaraan
Pembelajaran PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 terdapat arahan untuk
penyesuaian konsep dan rencana pembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi ..
a. Kepala
satuan pendidikan
b. Peserta
didik dan warga satuan pendidikan
c. Guru
dan tenaga pendidikan
d. Guru
dan peserta didik
Correct
5. Dalam Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran
PAUDDIKDASMEN di Masa Pandemi COVID-19 terdapat panduan yang dibuat sebagai
acuan bagi guru yaitu ..
a. Panduan
pengaturan jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran di masa pandemi
COVID-19
b. Panduan
pengelolaan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan
c. Panduan
pengaturan jadwal pembelajaran di masa pandemi COVID-19 di satuan pendidikan
d. Panduan
penyusunan RPP kelas atau mata pelajaran di masa pandemi COVID-19
Correct
6. Tingkat pelibatan guru dalam merencanakan,
melaksanakan, memberi umpan balik dan mengembangkan rencana tindak lanjut
pengembangan pembelajaran di masa pandemi COVID-19 adalah salah satu ukuran
keberhasilan bagi ..
a. Kepala
satuan pendidikan
b. Guru
c. Tenaga
kependidikan
d. Peserta
didik
Correct
7. Berdasarkan SKB 4 Menteri yang ditetapkan pada
30 Maret 2021, terdapat ketentuan pokok yang harus diketahui dan dipatuhi oleh
satuan pendidikan, yang berjumlah…
a. 7
b. 8
c. 9
d. 10
Correct
8. Sebuah sekolah dasar di daerah Gowa telah
melakukan PTM terbatas. Guru Rama mengajar mata pelajaran kesenian. Selain
mengajar Guru Rama juga bertugas untuk memantau kesehatan setiap warga sekolah
dengan berfokus kepada gejala umum seperti demam, batuk, pilek, nyeri
tenggorokan, sesak nafas, sakit kepala, mual/muntah, diare, anosmia (hilangnya
kemampuan indra penciuman), atau ageusia (hilangnya kemampuan indra perasa).
Berdasarkan pernyataan tersebut Guru Rama juga merupakan bagian dari . . .
a. Tim
Kesehatan, Kebersihan, dan Keamanan
b. Tim
Pembelajaran, Psikososial, dan Tata Ruang
c. Tim
Pelatihan dan Humas
d. Satuan
Pendidikan
Correct
9. Pada sekolah tempat Guru Sinta mengajar akan
melakukan PTM terbatas. Sebelumnya Guru Sinta telah membagi rombongan belajar
kelasnya yang terdiri dari 30 siswa menjadi 2 kelompok. Guru Sinta juga telah
mengatur posisi duduk siswa agar tetap berjarak 1.5m. Saat pelaksanaan PTM
Terbatas untuk kelompok pertama, Guru Sinta selalu mengingatkan siswanya untuk
selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan tidak saling meminjam peralatan
tulis. Selama pembelajaran berlangsung Guru Sinta juga selalu mengawasi siswa
yang terlihat kurang sehat untuk segera mendapat tindakan kesehatan. Hal yang
dilakukan oleh Guru Sinta merupakan . .
a. Protokol
kesehatan di dalam ruangan
b. Protokol
kesehatan di ruang kelas
c. Protokol
kesehatan di sekolah
d. Protokol
kesehatan di tempat umum
Correct
10. Dengan adanya risiko penularan maka praktik
penyelenggaraan pembelajaran membutuhkan penyesuaian untuk memastikan
keselamatan warga sekolah. Pada penyelenggaraannya sekolah dapat memilih satu
dari tiga pilihan kurikulum yaitu: Kurikulum 2013, Kurikulum Kondisi Khusus dan
Kurikulum Mandiri, sesuai kondisi dan kemampuan sekolah. Dengan memprioritaskan
seluruh satuan pendidikan bukan untuk menuntaskan kurikulum tapi memastikan
setiap siswa mengalami pembelajaran. Penjelasan tersebut menjelaskan konsep
pembelajaran di masa pandemi COVID-19 terkait . . .
a. Kebutuhan
peserta didik
b. Kurikulum
kondisi khusus
c. Prinsip
pembelajaran
d. Protokol
kesehatan
Correct
11. Siklus Pembelajaran menggambarkan hubungan
tiga komponen penting yaitu . . .
a. Kurikulum,
asesmen dan pembelajaran.
b. Kurikulum,
asesmen dan rencana pembelajaran.
c. Kurikulum,
konten pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
d. Kurikulum,
rencana pembelajaran dan evaluasi pembelajaran.
Correct
12. Guru Nanda akan melakukan PTM Terbatas, Guru
Nanda merasa kebingungan untuk memberikan metode pembelajaran selama PTM
Terbatas. Jika Anda adalah Guru Nanda, metode pembelajaran PTM Terbatas yang
akan Anda berikan pada murid . . .
a. Praktik,
teknologi pembelajaran, refleksi, dan umpan balik
b. Praktik,
guru kunjung, refleksi, dan teknologi interaktif
c. Praktik,
teknologi interaktif, refleksi, dan diskusi
d. Praktik,
diskusi, refleksi, dan umpan balik
Correct
13. Pada sekolah dasar tempat Guru Meta mengajar
mulai melakukan PTM Terbatas. Pada praktiknya Guru Meta menggunakan strategi
pembelajaran campuran, serta menggunakan pola sinkron dan asinkron. Pada hari
Rabu terdapat jadwal PTM di kelas Guru Meta mengajar dan Guru Meta akan
melakukan sesi sinkron. Aktivitas apa yang dapat Guru Meta lakukan . . .
a. Melakukan
sesi refleksi melalui konferensi video bersama murid
b. Murid
melakukan praktik secara mandiri di rumah
c. Memberikan
materi melalui video untuk murid yang dapat diakses kapanpun
d. Memberikan
tugas untuk murid kerjakan secara mandiri
Correct
14. Guru Karen akan melaksanakan PTM Terbatas pada
kelasnya. Sebelumnya Guru Karen melakukan beberapa aktivitas untuk mengetahui
kesiapan psikososial murid, menumbuhkan minat belajar murid, dan berdiskusi
terkait tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Berdasarkan aktivitas yang
dilakukan oleh Guru Karen sesuai alur pembelajaran kenormalan baru, yaitu . .
a. Asesmen
Diagnosis
b. Orientasi
Kesiapan Belajar & Psikososial
c. Asesmen
Formatif
d. Asesmen
Sumatif
Correct
15. Guru Fandy adalah guru mata pelajaran fisika
di sekolah menengah pertama swasta. Pada tahun ajaran ini sekolah tempat Guru
Fandy mengajar akan melaksanakan Pertemuan Tatap Muka Terbatas, dan Guru Fandy
sedang kesulitan untuk menyusun RPP. Langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh
Guru Fandy untuk menyusun RPP adalah . . .
a. Menganalisis
rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis
terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran –
Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Menyusun rencana
pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 – Melakukan
pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan proses
pemberian umpan balik – Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran
berdasarkan hasil asesmen formatif.
b. Menganalisis
rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis
terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran –
Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Melakukan refleksi dan
perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif – Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 –
Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan
proses pemberian umpan balik.
c. Menganalisis
rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Melakukan asesmen diagnosis
terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai pembelajaran –
Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi
COVID-19 – Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran – Melakukan
refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen formatif
– Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran – Memastikan
proses pemberian umpan balik.
d. Menganalisis
rencana dan jadwal pembelajaran yang ditetapkan – Menyusun rencana pelaksanaan
pembelajaran PAUDDIKDASMEN di masa pandemi COVID-19 – Melakukan asesmen
diagnosis terhadap kondisi peserta didik dan orang tua untuk memulai
pembelajaran – Menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran –
Melakukan refleksi dan perbaikan strategi pembelajaran berdasarkan hasil asesmen
formatif – Melakukan pembelajaran berdasarkan RPP dan jadwal pembelajaran –
Memastikan proses pemberian umpan balik.
Correct
16. Dalam pelaksanaan PTM Terbatas guru diharapkan
mampu menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran yang diampunya
dengan melalui tahapan-tahapan berikut ini, kecuali . . .
a. Memastikan
kesiapan protokol kesehatan di ruang kelas
b. Menyusun
kelompok belajar per kelas dengan komposisi yang sesuai dengan jenjang kelas
yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan.
c. Memetakan
mata pelajaran pada sesi PTM Terbatas dan PJJ
d. Menyusun
asesmen diagnosis kognitif dan non kognitif sebelum pembelajaran
Correct
17. Guru Fajar sedang mempersiapkan tahun ajaran
baru dengan dilaksanakan PTM Terbatas dan sedang menyusun jadwal pembelajaran
kelas. Setelah memetakan mata pelajaran pada sesi PTM Terbatas dan PJJ, maka
langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh Guru Fajar adalah . . .
a. Menentukan
durasi sesi PJJ sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan oleh satuan
pendidikan
b. Menuliskan
daftar nama peserta didik per kelompok belajar yang sudah ditentukan di setiap
kelas
c. Menyusun
jadwal PJJ sesuai dengan aturan jumlah PTM setiap minggu yang telah ditetapkan oleh
satuan pendidikan
d. Menentukan
durasi waktu sesi PTM Terbatas sesuai dengan jenjang kelas yang telah
ditetapkan oleh satuan pendidikan untuk mengurangi risiko penularan.
Correct
18. Tujuan dari pemantauan kecuali adalah
. . .
a. Mengetahui
tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan
b. Mengetahui
tingkat efektivitas pengelolaan pembelajaran
c. Mendiskusikan
dan menentukan dukungan yang dibutuhkan satuan pendidikan
d. Menilai
kepatuhan protokol dan pengelolaan pembelajaran pada satuan pendidikan
Correct
19. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, penjaminan
mutu diperlukan guru sebagai refleksi dalam menentukan perbaikan pelaksanaan
pembelajaran di kelas atau pada mata pelajaran. Adapun kriteria keberhasilan
pembelajaran di masa pandemi COVID-19 bagi guru, diantaranya, kecuali .
.
a. Tingkat
kepatuhan terhadap protokol kesehatan dalam pelaksanaan pembelajaran di masa
pandemi COVID-19 di kelas.
b. Tingkat
pelibatan orang tua dalam merencanakan, memandu, melaksanakan, memberi umpan
balik, dan mengembangkan pembelajaran.
c. Tingkat
pelibatan peserta didik dalam merencanakan, melaksanakan, dan memberikan umpan
balik terhadap pembelajaran.
d. Tingkat
upaya refleksi dan perbaikan proses pembelajaran di masa pandemi COVID-19
kelas/mata pelajaran.
Correct
20. Setelah melakukan pemantauan pembelajaran,
Anda akan mendapatkan hasil berupa tingkat efektivitas pembelajaran di masa
pandemi. Hasil tersebut dapat Anda kategorikan untuk mengetahui seberapa
efektif Bapak Ibu Guru melaksanakan pembelajaran di masa pandemi COVID-19. Apa
tindak lanjut pengembangan pembelajaran yang dapat dilakukan guru, kecuali .
. .
a. Membagikan
Praktik Baik
b. Menguatkan
Potensi Praktik Baik
c. Mendiskusikan
Penguatan
d. Menguatkan
Praktik Pembelajaran
No comments:
Post a Comment