Kuis Penilaian Awal – Pelajaran 1
Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi
Teknologi Pelajaran 1 Synchronous – Resilience : Tangguh &
Teknologi Penilaian Awal Kuis Penilaian Awal – Pelajaran 1
Kuis ini terdiri 14
butir pertanyaan. Setiap pertanyaan memperkenalkan Bapak dan Ibu ke kata kunci.
Silakan jawab pertanyaan ini.
Tidak perlu
terburu-buru sehingga Bapak dan Ibu bisa mengingat kata-kata kuncinya.
Selamat mengerjakan.
Jika Anda sudah
selesai mengerjakan kuis ini, jangan lupa untuk mengetuk atau mengklik “Click
Here to Continue” agar bisa melanjutkan ke bagian selanjutnya.
===============================
1. Apakah itu resiliensi?
o Kemampuan
seseorang untuk menggunakan teknologi dalam pembelajaran
o Kemampuan
seseorang untuk merumuskan kegiatan elearning
o Kemampuan seseorang untuk
bangkit dari desakan kemunduran (atau kegagalan)
o Kemampuan
seseorang untuk mengelola stress elearning
2. Apa hubungan SAMR dengan resiliensi?
·
SAMR
adalah ukuran tingkat resiliensi
·
Resiliensi
adalah R pada akronim SAMR
·
Resiliensi
adalah tingkat kematangan kematangan adopsi teknologi
·
Mengetahui
SAMR memberikan gambaran kita harus seberapa resilien
3. Apakah itu SAMR?
·
Risiko-risiko
akses teknologi oleh murid.
·
Tingkat kematangan seorang guru
memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran
·
Langkah-langkah
penggunaan teknologi dalam pembelajaran
·
Jenis-jenis
aplikasi untuk digunakan dalam pembelajaran
4. SAMR adalah singkatan dari…
·
Substitution, Augmentation,
Modification, Redefinition
·
Substitution,
Anticipation, Modification, Redefinition
·
Substitution,
Automation, Modification, Redefinition
·
Substitution,
Access, Modification, Redefinition
5. Pernyataan yang BENAR tentang adopsi teknologi
adalah
·
Saya
harus menguasai banyak aplikasi
·
Saya
harus menguasai semua aplikasi baru
·
Saya
harus mengkombinasikan beberapa aplikasi
·
Saya
harus fokus pada tingkat berpikir dalam pembelajaran murid
6. Dengan cara apa saya dapat menjadi resilien
dalam mengembangkan kompetensi elearning saya?
·
Berikan
waktu untuk belajar. Tidak perlu terburu-buru.
·
Usahakan
bisa belajar bersama orang lain untuk saling bertukar keterampilan dan dukungan
semangat. Buat kelompok kecil, bergabung dengan komunitas, dll.
·
Tidak
perlu tergoda dengan kecemasan bahwa harus sering belajar aplikasi baru.
·
Semua
jawaban benar
7. Apakah karakteristik penggunaan teknologi
dalam belajar dianggap tingkat Substitution?
·
Kegiatan
pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada
peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru
diadopsi.
·
Kegiatan
pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
·
Setelah
adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan
tanpa teknologi yang baru diadopsi.
·
Ada
banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (
8. Apakah karakteristik penggunaan teknologi
dalam belajar dianggap tingkat Redefinition?
·
Kegiatan
pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada
peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru
diadopsi.
·
Kegiatan
pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
·
Setelah adopsi teknologi (baru),
kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan tanpa teknologi
yang baru diadopsi.
·
Ada
banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah ado
9. Apakah karakteristik penggunaan teknologi
dalam belajar dianggap tingkat Modification?
·
Kegiatan
pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada
peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru
diadopsi.
·
Kegiatan
pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
·
Setelah
adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan
tanpa teknologi yang baru diadopsi.
·
Ada
banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
10. Apakah karakteristik penggunaan teknologi
dalam belajar dianggap tingkat Augmentation?
·
Kegiatan
pembelajaran setelah adopsi teknologi (baru) masih sama sama, dengan ada
peningkatan sedikit karena memanfaatkan fitur/kemampuan teknologi yang baru
diadopsi.
·
Kegiatan
pembelajaran sama antara sebelum dan sesudah adopsi teknologi (baru).
·
Setelah
adopsi teknologi (baru), kegiatan belajar sangat berbeda, dan tidak bisa diselenggarakan
tanpa teknologi yang baru diadopsi.
·
Ada
banyak kegiatan pembelajaran yang berubah setelah adopsi teknologi (baru)
11. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk
sesi diskusi mandiri dan tanya jawab dengan murid. Pemanfaatan teknologi dengan
cara ini mencerminkan tingkat:
·
Substitution
·
Augmentation
·
Modification
·
Redefinition
12. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk
metode ceramah. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat:
·
Substitution
·
Augmentation
·
Modification
·
Redefinition
13. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk
murid-murid saya bisa bertemu dengan para pakar dan membawa murid saya ke luar
kelas melalui field trip virtual. Pemanfaatkan teknologi dengan cara ini
mencerminkan tingkat:
·
Substitution
·
Augmentation
·
Modification
·
Redefinition
14. Saya menggunakan aplikasi video meeting untuk
murid-murid saya mengadakan festival webinar projek pameran dan/atau pentas
virtual. Pemanfaatan teknologi dengan cara ini mencerminkan tingkat.
·
Substitution
·
Augmentation
·
Modification
·
Redefinition
No comments:
Post a Comment