1.
Pemilihan media pembelajaran hendaknya
dilakukan berdasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk belajar
individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media
termasuk ke dalam kriteria ....
Tujuan
Sasaran didik
Ketersediaan
Konteks penggunaan
2.Pada saat
mempersiapkan pembelajaran seorang guru dapat menyusun strategi pembelajaran
dan menentukan media yang akan digunakan dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan
dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan memilih
media pembelajaran adalah
Pendidik harus
mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
Pendidik harus
memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut
Pendidik harus
menyesuaikan diri dengan kemampuan sekolah
Pendidik menyesuaikan
dengan materi pembelajaran
3.Pada saat
mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus dapat menentukan jenis media yang
tepat sesuai dengan materi. Dilihat dari kemampuan jangkauannya, media dapat
dibagi ke dalam ....
Media yang memiliki
daya liput yang luas dan media yang memiliki daya liput
Media yang dapat
didengar saja dan media yang dapat dilihat
Media tradisional dan
media berbasis TIK
Media dua dimensi dan
media tiga dimensi
4.Tersedia berbagai
macam media yang sudah berdebu dan agak usang di dalam ruang media. Sebagai seorang
pendidik yang kreatif, sebaiknya dapat memanfaatkan media dan memilih media
mana yang akan digunakan. Dia memiliki beberapa pertimbangan dalam hal
ini.
Pertimbangan dalam memilih media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah
....
Tujuan, sasaran didik,
karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks
penggunaan, dan mutu teknis
Sasaran didik,
karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan
konteks penggunaan
Tujuan, sasaran didik,
karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
Kultur sekolah,
tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media
5.Seorang guru harus
mampu memanfaatkan media pembelajaran dan sumber belajar untuk mencapai tujuan
pembelajaraan utuh.
Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah:
Media pembelajaran
yang paling baik adalah media yang berbasis TIK
Sebuah media dapat
digunakan untuk semua kegiatan pembelajaran
Media dapat digunakan
sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran
Memilih media tidak
perlu banyak pertimbangan agar tidak merepotkan
6.Media memiliki
fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam
membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya saat guru
ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, dia tinggal
menggunakan medianya saja.
Berikut ini adalah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi
tersebut:
Menampilkan objek yang
terlalu besar, misalnya pasar, candi.
Membawa objek yang
berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
Membuat konkret konsep
yang abstrak, misalnya untuk menjelaskan peredaran darah.
Menampilkan objek yang
tidak dapat diamati dengan mata.
7. Setiap materi pembelajaran memiliki tingkat
kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan peserta didik memahami materi yang
memiliki tingkat kesukaran tinggi, guru sering memanfaatkan media pembelajaran.
Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah.
Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah ....
Menampilkan objek yang
terlalu besar
Membuat konkrit konsep
yang abstrak
Menampilkan objek yang
tidak dapat diamati dengan mata telanjang
Membawa objek yang
berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar
8.Seorang guru ingin
membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat
pribadi atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang dapat dimanfaatkan oleh
guru tersebut adalah ....
Book
Forum
Blog
E-portofolio
9.Seorang guru sedang
ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai
pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah ....
Program mencari
informasi
Program desktop
publishing
Program untuk
menjelajahi laman
Program penciptaan
laman
10.Seorang guru yang
akan mencari informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan
aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari adalah ....
www.gmail.com
www.google.com
www.hotmail.com
11.Saat kita akan
informasi tentang suatu topik atau judul dapat menggunakan aplikasi internet
yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah ....
www.yahoo.com
www.gmail.com
www.hotmail.com
12.Seorang guru akan
membuat contoh surat, tabel, gambar dan berbagai dokumen lain. Aplikasi
sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk memfasilitasi kegiatan
guru tersebut adalah ....
Microsoft Database
Microsoft PowerPoint
Microsoft Desktop
Publishing
Microsoft Word
13.Seorang guru dapat
menampilkan bahan tayang yang menarik perhatian siswa dalam pembelajaran.
Program tampilan bahan tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi
sederhana keluaran Microsoft yang dapat digunakan untuk membuat bahan
presentasi adalah ....
Microsoft Database
Microsoft SpreadSheet
Microsoft PowerPoint
Microsoft Desktop
Publishing
14.Tools pembelajaran
daring/ online cukup banyak dan memiliki fungsi masing-masing. Salah satu
fiturnya berupa kumpulan soal tes sumatif dan tes akhir pembelajaran.
Fitur moodle ini adalah ....
Quiz
Page
Lesson
Blog
15.Dalam pembelajaran
daring terdapat beberapa unsur atau elemen pembangun pembelajaran elektronik.
Unsur berikut yang bukan termasuk unsur pembangun elektronik adalah ....
Penulis konten
(content writer)
Penata grafis (graphic
designer)
Perancang pembelajaran
(course designer)
Pemrogram komputer
(computer programmer)
No comments:
Post a Comment