Soal & Jawaban Tes Awal Bimtek Guru Belajar Seri Inklusif
Peserta didik yang
menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki
minat untuk bekerjasama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk
berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat
menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan …"
Tunanetra.
Tunarungu
Tunagrahita
Tunadaksa
Spektrum Autisme
2.
"Pendidikan yang
tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah
regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat
dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari
pendidikan…"
Inklusif
Reguler
Khusus
Segregasi
Integrasi
3.
"Kemampuan
pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya
adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh
guru untuk …."
menganalisis peserta
didik
mengasesmen peserta didik
mengidentifikasi peserta didik
memberikan label terhadap peserta didik
mendiagnosa peserta didik
4.
"Kegiatan mengenal
atau menandai sesuatu yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut
kegiatan…."
identifikasi
klasifikasi
monitoring
diagnose
asesmen
5.
"Penataan ruang
kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat
mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut
merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu…"
prinsip berpusat pada
anak (Child Centered)
prinsip learning centers (pembagian Zona)
prinsip menarik dan menantang
prinsip estetis
prinsip daya guna
6.
"Salah satu tujuan
planning matrix adalah …"
mengetahui perbedaan
karakteristik peserta didik
memetakan kondisi aktual PDBK
menemukenali dan menandai peserta didik.
membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus
mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara peserta didik
berkebutuhan khusus.
7.
"Proses
menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran.
Merupakan pengertian dari…"
asesmen
screening
klasifikasi
identifikasi
referral
8.
"Modifikasi
kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL),
kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah…."
materi
tujuan
proses
evaluasi
media pembelajaran
9.
"Salah satu tujuan
dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining.
Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah…"
mengkonsultasikan anak
kepada tenaga ahli yang profesional.
menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat.
menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gajala tertentu.
mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua
mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus.
10.
"Penggantian
kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan
khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah…"
modifikasi
duplikasi
substitusi
omisi
eskalasi
11.
"PDBK yang tidak
mampu beradaptasi di kelas regular karena kemampuan intelektualnya, dapat
digunakan program…."
Program Pembelajaran
Individual (PPI)
pembelajaran berkelompok
pembelajaran home schooling
pembelajaran remedial
pembelajaran fleksibel
12.
"Di bawah ini
informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam
penyusunan PPI, yaitu … "
preferensi, kekuatan dan
pendekatan yang tepat bagi peserta didik
lingkungan rumah dan keluarga dimana peserta didik tinggal
dukungan dan hambatan peserta didik
hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik
riwayat tumbuh kembang
13.
"Manakah pernyataan
di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?"
Guru memberikan
perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan
peserta didik lainnya.
Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada
di sekolah atau di kelasnya.
Guru membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
14.
"Kegiatan yang
dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat
program disebut kegiatan…."
asesmen
klasifikasi
diagnosa
identifikasi
monitoring
15.
"Manakah pernyataan
di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna keberagaman peserta
didik?"
Kondisi nyata yang ada
di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik,
mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan
tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan
peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan
peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta
didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta
didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya
mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
15.
"Alat identifikasi
diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika
melakukan proses identikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat
identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:"
riwayat kesehatan anak;
informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil kesehatan anak.
Riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
kemampuan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak;
dan informasi profil hambatan anak.
17.
"Orangtua Fina
memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru
banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu
hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …"
keterbatasan logistik
keterbatasan latar belakang pendidikan
kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua
perkembangan bahasa
masalah komunikasi dan memahami istilah-istilah pendidikan
18.
" Manakah
pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?"
Guru mengetahui
kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami
perbedaan dengan peserta didik lainnya.
Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada
di sekolah atau di kelasnya.
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
19.
"Guru di sekolah
inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran,
harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan
dasar, berupa …"
kestabilan emosi
kemampuan berperilaku adaptif
kemampuan Activity Dailly Living
kemampuan berbahasa dan berkomunikasi
kemampuan mobilitas
20.
" Dalam
pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat
secara aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan
kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih
tepat menggambarkan konsep …"
to Work
to Play
to live
to Love
to Learn
21.
" Sebuah desain
harus dapat mengakomodir beragam pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam
penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan
aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan Pendidikan inklusif yang ramah
anak, yaitu…"
prinsip dapat digunakan
oleh semua orang
prinsip fleksibel dalam penggunaannya
prinsip mudah digunakan
prinsip informasi penggunaan yang jelas
prinsip toleransi untuk kesalahan
22.
"Keterbatasan atau
kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan
aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya
digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari
…"
Handicapped
Disability
Impairment
Under Achievment
Under Actuality
23.
"Alat identifikasi
diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika
melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat
identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah…."
riwayat perkembangan
anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil
hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil hambatan anak.
riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil kesehatan anak.
riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
kemampuan anak.
24.
"Pelaksanaan proses
belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan kegiatan proses belajar
mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat
pula Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Di samping menerapkan
prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus
memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK.
Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan peserta didik berkebutuhan
khusus di…"
kelas khusus dengan
berbagai pengintegrasian
kelas reguler (inklusi penuh)
kelas reguler dengan cluster
kelas reguler dengan cluster dan pull out
kelas khusus penuh
Soal & Jawaban Tes Awal Bimtek Guru Belajar Seri Inklusif
Peserta didik yang
menunjukkan perilaku unik dan asyik dengan dirinya sendiri, tidak memiliki
minat untuk bekerjasama dengan teman-temannya, enggan berkomunikasi untuk
berinteraksi dengan lingkungannya. Karakteristik tersebut lebih tepat
menggambarkan ciri perilaku PDBK, dengan jenis hambatan …"
Tunanetra.
Tunarungu
Tunagrahita
Tunadaksa
Spektrum Autisme
2.
"Pendidikan yang
tidak sekedar memindahkan atau menempatkan penyandang disabilitas di sekolah
regular, tetapi anak berkebutuhan khusus harus diterima di sekolah tanpa syarat
dan program sekolah harus menyesuaikan kebutuhan anak merupakan pengertian dari
pendidikan…"
Inklusif
Reguler
Khusus
Segregasi
Integrasi
3.
"Kemampuan
pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya
adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh
guru untuk …."
menganalisis peserta
didik
mengasesmen peserta didik
mengidentifikasi peserta didik
memberikan label terhadap peserta didik
mendiagnosa peserta didik
4.
"Kegiatan mengenal
atau menandai sesuatu yang masih bersifat gambaran umum/kasar, disebut
kegiatan…."
identifikasi
klasifikasi
monitoring
diagnose
asesmen
5.
"Penataan ruang
kelas harus memungkinkan anak untuk bergerak, berinteraksi, berdiskusi, dapat
mengakses alat bahan secara mandiri sesuai dengan kebutuhannya. Hal tersebut
merupakan prinsip penataan ruang inklusif, yaitu…"
prinsip berpusat pada
anak (Child Centered)
prinsip learning centers (pembagian Zona)
prinsip menarik dan menantang
prinsip estetis
prinsip daya guna
6.
"Salah satu tujuan
planning matrix adalah …"
mengetahui perbedaan
karakteristik peserta didik
memetakan kondisi aktual PDBK
menemukenali dan menandai peserta didik.
membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus
mencari perbedaan-perbedaan yang signifikan di antara peserta didik
berkebutuhan khusus.
7.
"Proses
menemukenali peserta didik sebelum yang bersangkutan mengikuti pembelajaran.
Merupakan pengertian dari…"
asesmen
screening
klasifikasi
identifikasi
referral
8.
"Modifikasi
kurikulum yang mengacu langsung pada standar kompetensi lulusan (SKL),
kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD) dan indikator adalah…."
materi
tujuan
proses
evaluasi
media pembelajaran
9.
"Salah satu tujuan
dilakukannya identifikasi di kelas adalah sebagai proses penjaringan/skrining.
Yang dimaksud penjaringan dalam konteks ini adalah…"
mengkonsultasikan anak
kepada tenaga ahli yang profesional.
menentukan apakah program pembelajaran yang diberikan sudah tepat.
menandai anak-anak mana yang menunjukkan gejala-gajala tertentu.
mengkomunikasikan kebutuhan khusus anak kepada orangtua
mengembalikan anak ke kelas untuk mendapatkan layanan pendidikan khusus.
10.
"Penggantian
kurikulum karena tidak mungkin dilakukan oleh siswa berkebutuhan pendidikan
khusus, pengembangan kurikulum model adaptasi seperti ini adalah…"
modifikasi
duplikasi
substitusi
omisi
eskalasi
11.
"PDBK yang tidak
mampu beradaptasi di kelas regular karena kemampuan intelektualnya, dapat
digunakan program…."
Program Pembelajaran
Individual (PPI)
pembelajaran berkelompok
pembelajaran home schooling
pembelajaran remedial
pembelajaran fleksibel
12.
"Di bawah ini
informasi berharga yang didapat dengan adanya keterlibatan orangtua dalam
penyusunan PPI, yaitu … "
preferensi, kekuatan dan
pendekatan yang tepat bagi peserta didik
lingkungan rumah dan keluarga dimana peserta didik tinggal
dukungan dan hambatan peserta didik
hambatan, ketidakmampuan dan masalah pada peserta didik
riwayat tumbuh kembang
13.
"Manakah pernyataan
di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?"
Guru memberikan
perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami perbedaan dengan
peserta didik lainnya.
Guru mengetahui kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada
di sekolah atau di kelasnya.
Guru membuat program bagi peserta didik berkebutuhan khusus.
14.
"Kegiatan yang
dilakukan setelah mengidentifikasi peserta didik sebagai dasar untuk membuat
program disebut kegiatan…."
asesmen
klasifikasi
diagnosa
identifikasi
monitoring
15.
"Manakah pernyataan
di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna keberagaman peserta
didik?"
Kondisi nyata yang ada
di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta didik baik secara fisik,
mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya mengakomodasi perbedaan
tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi yang tidak diharapkan di sekolah inklusif yang menerima perbedaan
peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi yang diharapkan di sekolah inklusif yang mengharuskan adanya persamaan
peserta didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif yang menerima perbedaan peserta
didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah tidak harus
berupaya mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
Kondisi nyata yang ada di sekolah inklusif tidak menerima perbedaan peserta
didik baik secara fisik, mental akademik, sosial budaya dan sekolah berupaya
mengakomodasi perbedaan tersebut dalam proses pembelajaran.
15.
"Alat identifikasi
diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika
melakukan proses identikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat
identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah:"
riwayat kesehatan anak;
informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil kesehatan anak.
Riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
kemampuan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak;
dan informasi profil hambatan anak.
17.
"Orangtua Fina
memiliki latar belakang pendidikan terbatas sehingga ketika diskusi dengan guru
banyak hal-hal yang membingungkan mereka. Kondisi tersebut merupakan salah satu
hambatan keterlibatan orangtua dalam penyusunan PPI, yaitu …"
keterbatasan logistik
keterbatasan latar belakang pendidikan
kurangnya pemahaman terhadap budaya orangtua
perkembangan bahasa
masalah komunikasi dan memahami istilah-istilah pendidikan
18.
" Manakah
pernyataan di bawah ini yang paling tepat untuk menggambarkan makna identifikasi?"
Guru mengetahui
kelemahan dan kemampuan peserta didik berkebutuhan khusus.
Guru memberikan perlakuan berbeda terhadap peserta didik yang mengalami
perbedaan dengan peserta didik lainnya.
Guru mulai merasakan ada yang berbeda dari salah satu peserta didik yang ada
di sekolah atau di kelasnya.
Guru mengetahui karakter peserta didik berkebutuhan khusus.
19.
"Guru di sekolah
inklusif yang memiliki peserta didik berkebutuhan dengan hambatan pendengaran,
harus memberikan layanan kebutuhan pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan
dasar, berupa …"
kestabilan emosi
kemampuan berperilaku adaptif
kemampuan Activity Dailly Living
kemampuan berbahasa dan berkomunikasi
kemampuan mobilitas
20.
" Dalam
pembelajaran di kelas, guru melibatkan anak berkebutuhan khusus untuk terlibat
secara aktif dalam berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan
kemampuan dan minat anak berkebutuhan khusus. Sifat kegiatan ini adalah lebih
tepat menggambarkan konsep …"
to Work
to Play
to live
to Love
to Learn
21.
" Sebuah desain
harus dapat mengakomodir beragam pilihan kenyamanan dan kebutuhan dalam
penggunaannya. Hal tersebut merupakan prinsip desain universal pengembangan
aksesibilitas sarana dan prasarana dalam layanan Pendidikan inklusif yang ramah
anak, yaitu…"
prinsip dapat digunakan
oleh semua orang
prinsip fleksibel dalam penggunaannya
prinsip mudah digunakan
prinsip informasi penggunaan yang jelas
prinsip toleransi untuk kesalahan
22.
"Keterbatasan atau
kurangnya kemampuan (yang dihasilkan dari impairment) untuk menampilkan
aktivitas sesuai dengan aturannya atau masih dalam batas normal, biasanya
digunakan dalam level individu. Pernyataan ini lebih menggambarkan makna dari
…"
Handicapped
Disability
Impairment
Under Achievment
Under Actuality
23.
"Alat identifikasi
diperlukan untuk menentukan aspek apa saja yang menjadi fokus perhatian ketika
melakukan proses identifikasi. Di antara aspek yang penting untuk digali saat
identifikasi anak yang memerlukan layanan pendidikan khusus adalah…."
riwayat perkembangan
anak; informasi atau data kesehatan orangtua/wali anak; dan informasi profil
hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil hambatan anak.
riwayat kesehatan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
profil hambatan anak.
riwayat perkembangan anak; informasi atau data orangtua/wali anak; dan
informasi profil kesehatan anak.
riwayat kesehatan anak: informasi atau data orangtua/wali anak; dan informasi
kemampuan anak.
24.
"Pelaksanaan proses
belajar mengajar di kelas secara umum sama dengan kegiatan proses belajar
mengajar pada kelas reguler. Selain terdapat peserta didik reguler terdapat
pula Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK). Di samping menerapkan
prinsip-prinsip umum dalam mengelola proses belajar mengajar, guru harus
memperhatikan prinsip-prinsip khusus yang sesuai dengan kebutuhan PDBK.
Pernyataan tersebut merupakan definisi penempatan peserta didik berkebutuhan
khusus di…"
kelas khusus dengan
berbagai pengintegrasian
kelas reguler (inklusi penuh)
kelas reguler dengan cluster
kelas reguler dengan cluster dan pull out
kelas khusus penuh
25.
"Kemampuan
pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya
adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh
guru untuk…."
Memberikan label terhadap peserta didik
Mengasesmen peserta didik
Menganalisa peserta didik
Mengidentifikasi peserta didik
Mendiagnosa peserta
didik
25.
"Kemampuan
pengetahuan tentang berbagai jenis dan tingkat kelainan anak, diantaranya
adalah kelainan fisik, mental, intelektual, sosial dan emosi. Diperlukan oleh
guru untuk…."
Memberikan label terhadap peserta didik
Mengasesmen peserta didik
Menganalisa peserta didik
Mengidentifikasi peserta didik
Mendiagnosa peserta
didik
No comments:
Post a Comment